Home / Artikel Kesehatan / Masya Allah, Barat Mengakui Manfaat Luar Biasa Siwak/Miswak dan Mulai Menggunakannya!

Masya Allah, Barat Mengakui Manfaat Luar Biasa Siwak/Miswak dan Mulai Menggunakannya!

Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob”. (HR: Ahmad, Irwaul Golil No. 66 [shahih]).

Hampir 1400 tahun yang lalu, sejumlah faktor penting yang berkaitan dengan kesehatan kita diungkapkan dengan adanya hadits dan sunnah dari Rasulullah. Seiring berjalannya waktu, ternyata begitu banyak perintah dan sunnah dalam Islam yang secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi manusia.

Salah satu studi terbaru di Barat membuktikan bagaimana mendirikan shalat membantu mengurangi nyeri punggung. Sebelumnya, ilmuwan juga membuktikan manfaat minum air sambil duduk, yang juga merupakan sunnah. Selain semua temuan tersebut, miswak/siwak sekarang ternyata dijual sebagai ‘sikat gigi alami’ di Republik Ceko.

Sebuah situs online bernama YONI Life mengiklankan miswak/siwak sebagai ‘sikat gigi alami’.

Dijual seharga 69 CZK (Koruna–mata uang Ceko), yang setara dengan Rp. 36,000 di Indonesia, para non-muslim sama-sama terkejut dengan manfaat luar biasa siwak yang baru mereka ketahui. Situs tersebut menjelaskan beberapa manfaat dari siwak, seperti memberi mineral untuk email gigi dan juga mencegah terjadinya kerusakan gigi. Di sisi lain, manfaat bersiwak nyatanya telah dijelaskan terlebih dahulu dalam hadits sebagai sunnah yang dilakukan Rasulullah saw. 1400 tahun yang lalu bagi umat muslim.

MISWAK MENURUT SABDA RASULULLAH SAW.

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. [Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66). [Syarhul Mumti’ 1/120 dan Taisir ‘Alam 1/62]

Nabi SAW. mengatakan pemakaian siwak sebagai sunnah, atau tindakan yang dianjurkan. Sebuah hadis berbunyi: “Siwak membersihkan gigi, dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya.” (HR: Bukhori dan Muslim, Irwaul Golil No 70).

Hadits yang lain dari Abu Ayyub ra: “Ada empat hal yang termasuk dari sunnah para Rasul; memakai minyak wangi, menikah, bersiwak dan malu.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

“Siwak itu pembersih mulut dan diridhai Allah.” (HR. Ahmad)

Pada tahun 1986 dan pada tahun 2000, World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan penggunaan miswak untuk kebersihan mulut.

Penggunaan miswak barangkali merupakan sunnah yang paling mudah, tetapi juga yang sering terlupakan. Dari menggunakannya sebelum tidur dengan menggunakannya sebelum membaca Al-Quran, manfaat sunnah ini tidak terbatas hanya untuk mendapatkan pahala- melainkan juga mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Sungguh menakjubkan bagaimana orang-orang Barat sekarang memahami apa yang Islam ajarkan seratus tahun yang lalu, sementara umat muslim sendiri tidak begitu memperhatikannya.

Semoga bermanfaat.
sumber: parhlo.com

Check Also

Ilmuwan Buktikan Kurma Ajwa Mengatasi Sihir dan Dengki

Terkait dengan Sihir ,para pakar telepati inggris menyampaikan hasil penelitian di sebuah majalah telepati , ...

...