Home / Artikel Kesehatan / MEMASAK MEMAKAI PANCI TANAH LIAT , TERNYATA MENYIMPAN BANYAK MANFAAT
MEMASAK MEMAKAI PANCI TANAH LIAT , TERNYATA MENYIMPAN BANYAK MANFAAT
MEMASAK MEMAKAI PANCI TANAH LIAT , TERNYATA MENYIMPAN BANYAK MANFAAT

MEMASAK MEMAKAI PANCI TANAH LIAT , TERNYATA MENYIMPAN BANYAK MANFAAT

Bagi kamu yang hobby traveling  and nyobain kuliner Indonesia , pasti pernah ya guys  liat panci atau mangkok berbahan tanah liat ,entah itu dibuat hiasan pada rumah makan , atau tempat penyajian menu makanannya, yang paling sering sih kalo kita pergi ke Jogjakarta, yang terkenal dengan gudeg nya , nah biasanya tempat bungkusin gudegnya gak pake sterofoam atau plastik, tapi pake kendil alias panci tanah liat, ada lagi nih kalo tempat minum nya juga sengaja di taroh di tempat teko tanah liat atau disebut juga dengan kendi. Nah….panci tanah liat atau kendil tersebut sebenarnya warisan dari para leluhur kita guys, jaman dulu leluhur kita masaknya pake peralatan dari bahan tanah liat , nah setelah zaman semakin  berkembang maka keluarlah panci aluminium, titanium, nikel, atau kromium .

Kalo jaman sekarang masih ada gak ya yang memasak pake panci tanah liat? Hmm..mungkin sudah jarang ya guys, atau bahkan udah langka nih orang yang masak pake panci tanah liat ,  mungkin karena gak praktis, riweh , dan butuh waktu lama buat mateng in masakan. Padahal menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, memasak dengan panci tanah liat itu lebih sehat loh, dan banyak manfaat nya buat kesahatan  kita , contohnya ketika kita  memasak menggunakan panci yang berbahan aluminium, titanium, nikel, atau kromium maka ada kemungkinan bahwa partikel bahan tersebut masuk ke dalam masakan, dan itu kalo biarkan terus menerus tentunya gak baik buat kesehatan tubuh. Sedangkan bila kita memasak pake panci tanah liat justru peralatan berbahan tanah liat inilah yang membantu mempertahankan nutrisi yang ada dalam makanan. Begitu pula saat kita menyimpan air dalam botol plastik, atau gelas plastik , maka ada bahan kimia seperti BPA dalam plastik yang bisa tercampur pada air ,  sehingga bisa dikatakan  membahayakan kesehatan meskipun  secara perlahan , beda cerita  kalo kita menyimpan air didalam kendi , air akan terasa  manis, alami dan menyegarkan .

Menurut penelitian tersebut  dikatakan juga  bahwa air yang disimpan dalam wadah plastik bisa mengurangi kadar testosteron dalam tubuh. Sedangkan menggunakan kendi atau tong tanah liat  untuk menyimpan air , maka akan membantu menjaga kadar testosteron didalam tubuh.  Kenapa bisa gitu ya guys ?? ya karena  tanah liat sendiri  bersifat basa sehingga dapat menjaga keseimbangan pH dalam air. Ketika kita memasak menggunakan panci tanah liat, maka sifat inilah yang  akan menetralkan asam dalam makanan sehingga bikin masakan jadi lebih sehat guys. Tanah liat tidak beracun guys , jadi tenang aja , gak akan berbahaya kok bila memasak menggunakan panci tanah liat ,  selain itu ada lagi nih  manfaat memasak menggunakan panci tanah liat yaitu  bisa mengunci uap , mempertahankan kandungan nutrisi dalam air dan juga menjaga panas makanan, serta ramah lingkungan.

Memasak menggunakan panci tanah liat mungkin agak merepotkan ya guys, tapi apa salahnya demi menjaga kesehatan, kita mencoba menggunakan  peralatan berbahan tanah liat, bukan  berarti  ngajakin untuk mundur dari peradaban guys, tapi kalo mau ,mencermati lebih dalam , filosofi panci tanah liat ini dalem loh , yaitu kita bisa menjadi orang yang sabar, hubungan nya apa sama sabar yaa??  Mari kita cermati perbandingan berikut ini , menggunakan panci modern tentunya membiasakan  orang untuk berlaku  praktis  dan instan,  sedangkan instan sendiri dapat  menumbuhkan sifat malas, kalo sudah malas maka akan merumitkan kehidupan alam dan sekitarnya,   Coba perhatikan para pengrajin  panci tanah liat , untuk membuat satu panci saja  dibutuhkan kesabaran dan ketekunan  guys , ini berlaku juga buat yang menggunakan panci tanah liat , untuk memasak menggunakan panci tanah liat   dibutuhkan kesabaran dan juga  ketelatenan  karena memang agak lama matengnya ( tapi kan lebih sehat dan sedap ) ,  nah dari filosofi tadi , gak heran juga ya guys ,  kalo para leluhur kita rata rata mempunyai jiwa yang besar dan kesabaran yang tinggi , ulet dan juga tekun.

Kalo mau diambil kesimpulan dari uraian diatas, faktanya  perkembangan jaman yang serba modern sekarang ini,  secara perlahan menggeser nilai-nilai kesabaran di masyarakat yaitu, menjadi   serba instan dan gampang  yaa guys, nah  segala sesuatu yang namanya  instan itu lambat laun akan  menumbuhkan sifat ego yang tinggi, ketergantungan , dan juga  rasa malas pada pelakunya,   dengan kita  mencoba memasak menggunakan panci  tanah liat  selain demi alasan menjaga  kesehatan,  tentunya kita juga  memerangi  sifat malas dan juga ketergantungan kita  pada sebuah  ke  instan an .

 

 

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...