Home / Artikel Kesehatan / Menangislah! Ini 5 Manfaat Meneteskan Air Mata Bagi Kesehatan

Menangislah! Ini 5 Manfaat Meneteskan Air Mata Bagi Kesehatan

Saat putus dengan kekasih pujaan hati, Anda merasa sangat sedih dan hancur. Anda menangis sejadi-jadinya selama semalam suntuk sambil memandangi foto sang mantan. Ketika air mata mengalir deras di pipi, mengaburkan pandangan, dan membuat mata Anda sembab, pernahkah Anda berpikir…

“Apa, sih, gunanya aku nangis gini? Percuma!”

PRANG!

Bingkai foto melayang ke tembok. Pecah.

Et… Jangan salah. Ternyata, air mata yang Anda keluarkan saat menangisi si dia itu berguna buat kesehatan, lho. Tidak percaya? Ini 5 manfaat mengeluarkan air mata yang jarang diketahui. Yuk, simak pembahasannya.

1. Melepas Racun dalam Tubuh

Menangis tidak hanya membersihkan diri secara mental, tetapi juga secara fisik. Air mata yang keluar karena stress membantu tubuh menghilangkan senyawa yang meningkatkan kadar kortisol, hormon penyebab stress. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. William H. Frey II, seorang ahli biokimia di St. Paul-Ramsey Medical Center, menemukan bahwa seperti proses eksokrin yang lainnya, misalnya mengembuskan napas, buang air kecil, dan berkeringat, toksin dalam tubuh juga keluar saat kita menangis. Beberapa zat yang ada ketika menangis dengan alasan emosional di antaranya prolaktin protein, hormon adrenokortikotropik, dan endorfin leucine-enkephalin, yang mengurangi rasa sakit.

2. Membunuh Bakteri

Menangis nyatanya adalah cara yang baik untuk membunuh bakteri. Air mata mengandung cairan lisozim. Lisozim juga ditemukan dalam air susu manusia, air mani, lendir, dan air liur. Cairan ini mampu membunuh 90 sampai 95 persen bakteri hanya dalam waktu 5 sampai 10 menit. Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Food Microbiology menemukan bahwa air mata memiliki kekuatan antimikroba yang kuat.  Lisozim dapat membunuh bakteri tertentu dengan menghancurkan dinding sel bakteri, yakni kulit terluar kaku yang menjadi lapisan pelindung bakteri.

3. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan


Air mata, yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimal, benar-benar dapat menjernihkan visi kita bagaikan pelumas untuk bola mata dan kelopak mata. Ketika selaput mata mengalami dehidrasi, penglihatan kita dapat menjadi sedikit buram. Air mata membersihkan permukaan mata, kata National Eye Institute, menjaganya tetap lembap, dan membasuhnya dari debu dan kotoran. Menangis juga mencegah dehidrasi membran mukosa.

4. Memperbaiki Mood

Air mata dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik daripada antidepresan yang ada di apotek. Sebuah studi tahun 2008 dari University of South Florida menemukan bahwa menangis dapat menenangkan dan meningkatkan suasana hati lebih baik daripada antidepresan apapun. Tumpahnya air mata mampu memperbaiki mood hampir 90 persen, sementara 8% sampel ada yang melaporkan bahwa menangis malah membuat mereka merasa lebih buruk. Individu dengan kecemasan atau gangguan mood kurang memungkinkan untuk mengalami efek positif dari menangis.

5. Meredakan Stress

Menangis dapat memberikan rasa lega, bahkan jika keadaan kita masih tetap sama. Menangis diketahui mampu melepaskan hormon stres atau racun dari tubuh, dan sebagai hasilnya, mengurangi ketegangan. Para ahli percaya menangis adalah alternatif sehat untuk melawan stress, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik seperti sakit kepala atau tekanan darah tinggi. Menangis adalah cara yang aman dan efektif untuk mengatasi stres. Air mata dapat melepas perasaan terpendam yang negatif, tekanan, juga frustasi.

Terbukti, menangis tidak membuat Anda lemah, kok. Malahan, Anda bisa menjadi lebih sehat setelah menangis. Meski demikian, menangis memang boleh, tapi jangan berlebihan. Pastikan juga Anda menangis untuk hal yang betul-betul layak untuk ditangisi. Kelingking kejedot kaki meja, misalnya. Hehe. Bercanda!

Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...