Home / Artikel Kesehatan / Mengapa Anak-anak Harus Dibiasakan Tidur Lebih Awal? Ini Jawaban Para Ahli

Mengapa Anak-anak Harus Dibiasakan Tidur Lebih Awal? Ini Jawaban Para Ahli

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa anak-anak yang tidur sebelum jam delapan malam meiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjaga berat badannya ketika remaja. Penelitian yang mellibatkan 977 anak tersebut mengamati jam berapa para orang tua menidurkan anak-anaknya di usia 4,5 tahun. Kemudian, para peneliti menilai indeks massa tubuh anak-anak saat berusia lima tahun.

Hasilnya, hanya 10% dari anak-anak yang tidur pada jam delapan atau lebih awal mengalami obesitas. Sementara itu, 16% anak yang tidur di antara jam delapan dan sembilan malam memiliki berat badan berlebih. Selain itu, nyaris seperempatnya yang tidur pada jam sembilan atau di atasnya mengalami obesitas. Baik laki-laki maupun perempuan, hasil yang didapatkan adalah sama.

“Anak usia prasekolah yang tidur pada jam delapan atau sebelumnya kemungkinan kecil mengalami obesitas 10 tahun mendatang,” kata Sarah Anderson, penulis penelitian dan profesor epdemiologi di Ohio State University.

Hal ini menjelaskan mengapa anak-anak harus dibiasakan tidur lebih awal, yakni untuk menekan sang buah hati menderita penyakit obesitas di kemudian hari.

Selain itu, anak-anak juga sama seperti orang tua pada umumnya. Tidur lebih awal bagi anak-anak akan memungkinkan mereka untuk mendapat waktu tidur yang cukup supaya bisa bangun lebih pagi dan menjalani aktivitas dengan lancar. Kurang tidur bagi anak-anak akan membuat mood dan semangat anak turun ketika menjalani hari-harinya.

Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak usia 2-3 tahun harus mendapatkan waktu tidur 9-13 jam tiap malam. Sementara itu, anak dengan usia 3-5 tahun harus tidur sekitar 10-12 jam, dan yang berusia 5-12 tahun harus mendapatkan waktu tidur paling tidak 8 jam setiap malam. Jika anak Anda harus bangun lebih awal di pagi hari untuk sekolah dan lain-lain, Anda harus membiasakannya tidur tidak terlalu malam. Berikut adalah beberapa tips untuk membiasakannya:

1. Mundurkan waktu tidur anak kira-kira 15 menit per hari. Atau, agar tidak kaget, 15 menit tiap 2 atau 3 hari.
2. Biasakan menyalakan lampu yang lebih redup menjelang tidur. Menurut para ahli, hal ini mempengaruhi hormon yang mengontrol jam internal dalam diri anak-anak.
3. Hindari aktivitas yang membuat anak susah jatuh ke tempat tidur. Misalnya, menonton televisi atau main video game. Kondisikan suasana yang tenang saat menjelang waktu tidur, mungkin segelas susu hangat dan dongeng bisa membantu.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...