Home / Artikel Kesehatan / Mengenal Baking Soda, Serbuk Putih Ajaib Kaya Manfaat
Mengenal Baking Soda, Serbuk Putih Ajaib Kaya Manfaat

Mengenal Baking Soda, Serbuk Putih Ajaib Kaya Manfaat

Baking soda umum dikenal dengan sebutan Soda Kue. Ini memang soda kue yang dipakai untuk membuat kue, merebus sayuran agar cepat matang dan menjaga warnanya tetap cantik, juga yang dipakai untuk membersihkan kerak hitam pada penggorengan.  Baking soda juga dipakai untuk kecantikan seperti facial scrub, dan segudang manfaat lainnya. Baking soda punya nama kimia Sodium (atau Natrium Bikarbonat), ini merupakan garam mineral alami. Baking soda punya rasa sedikit asin dan bersifat alkali, sehingga bisa menetralisir zat-zat yang ber-pH sangat asam, atau sangat basa, sehingga zat tersebut jadi non-irritan (tidak mengiritasi) dan non-toxic (tidak beracun).

Di mana anda bisa mendapatkan baking soda?

Baking soda murni dijual bebas di toko bahan kue atau toko kimia di sekitar tempa tinggal Anda. Lebih baik membeli yang dijual kiloan/curah tanpa merk, karena biasanya yang curah masih murni tidak dicampur dengan zat lain. Baking soda ada dua jenis, yaitu yang  FOOD GRADE yang memiliki tekstur lebih lembut sedikit kasar, dan PHARMACEUTICAL GRADE yang sangat lembut.
Dua-duanya aman digunakan untuk terapi alkaline, tapi disarankan pharmaceutical grade untuk dikonsumsi ataupun memasak, sedangkan untuk keperluan lain seperti mandi, mencuci, atau keperluan lain cukup menggunakan yang food grade.

Jika Anda membeli produk soda kue yang sudah bermerek, sebaiknya dicek komposisi yang tercantum pada labelnya. Kemungkinan besar produk ini sudah dicampur zat antikempal seperti Silicon Dioxide yang beracun bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Bagaimana bentuk Baking soda?

Baking soda memmiliki tekstur serbuk halus,berwarna putih bersih dan bila anda rasakan akan terasa sedikit asin. Bila terpapar cahaya akan tampak berkerlip. Baking soda yang murni tanpa antikempal, apabila dibiarkan di wadah terbuka, akan mengeras membentuk bongkahan (mengempal). Cara untuk mengetahui kesegaran baking soda, bisa dengan meneteskan cuka/air jeruk nipis/lemon. Apabila menghasilkan buih, berarti baking soda masih bagus dan bisa digunakan untuk terapi alkaline.

Semoga bermafaat!

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...