Home / Artikel Kesehatan / Mengenal Khasiat Buah Kesemek Yang Jarang Orang Tahu
Mengenal Khasiat Buah Kesemek Yang Jarang Orang Tau
Mengenal Khasiat Buah Kesemek Yang Jarang Orang Tau

Mengenal Khasiat Buah Kesemek Yang Jarang Orang Tahu

Buah kesemek, ada yang tau gak yaa ini  buah apa hayo? Yup buahnya bulet kaya apel trus penampilan buah satu ini kaya pake bedak nah karena hal itu orang orang menyebut buah ini dengan sebutan   buah genit. Warna kesemek kalo udah mateng biasanya berwarna merah atau oranye  kalo udah mateng si kesemek tidak terlalu lembek bahkan cenderung  agak mengkal dikit, kalo dibuka and dirasain rasanya lumayan manis guys. Buah ini berasal dari RRC loh and berkembang sampai pada negara kita di Indonesia, wilayah perkembangan kesemek di Indonesia kebanyakan dijumpai di daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimatan dan Sumatera. Mungkin beberapa dari kamu agak asing dengan buah ini ya guys, ya gak heran sih  karena buah ini sudah termasuk langka alias jarang ada dijual dipasaran, nah bagi kamu yang punya tanaman  buah ini maka bersyukurlah, kenapa?? Karena buah ini sangat besar manfaatnya guys and bagus banget buat pengobatan. Kelebihan buah kesemek salah satunya adalah seratnya lebih tinggi dua kali  lipat dari buah apel guys sehingga amat baik untuk pencernaan terutama bagi kamu yang sedang diet. Selain itu juga ternyata buah kesemek dapat mengobati beberapa penyakit kronis mau tau penyakit apa yang bisa diatasi oleh si buah kesemek? Simak uraian dibawah ini.

 

Kandungan Penting Dalam Buah Kesemek

  • Sama dengan biji cocoa, dalam buah kesemek terdapat zat polifenol yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan mengusir kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh, mencegah penyakit jatung.
  • Satu buah kesemek mengandung karbohidrat berupa fluktosa dan glukosa, kalium, 0,7% protein dan juga vitamin A sangat tinggi.
  • Mengandung zat likopen yang berfungsi sebagai anti oksidan, menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsi kesemek dapat mencegah terjadinya kanker maupun tumor guys.
  • Mengandung serat yang tinggi, serat ini juga berfungsi mengikat karsinogen dalam tubuh yang dibuang melalui saluran cerna.

 

Khasiat Buah Kesemek

  • Obat Asma / Obat Batuk Berdahak

Ambil 2 buah kesemek, bersihkan lalu kukus setelah lembek baru dihaluskan campurkan dengan madu lalu makan. 2x sehari.

  • Diare/Disentri

Ambil segenggam potongan potongan kesemek yang udah dikeringkan, kira kira dua buah kesemek ya guys, lalu rebus bersama segenggam beras ketan dan dua buah irisan jeruk, setelah matang bisa dimakan untuk penderita, 2 x sehari.

Kalo buah kesemek dijadikan jus yang setiap hari diminum ataupun dimakan seperti biasa, buah ini  bisa menghilangkan  gangguan kesehatan  seperti dibawah ini guys.

  1. Hipertensi / tekanan darah tinggi
  2. Mencegah pengerasan pembuluh darah
  3. Menyehatkan organ paru dan limpa
  4. Mencegah penuaan dini/baik untuk kulit
  5. Menyehatkan jantung, menstabilkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah dalam keadaan lentur.
  6. Menurunkan berat badan bahkan menjaga kestabilan berat badan ( bagus buat diet )

 

Naah udah pada tau yaaaa.. banyak banget manfaat dari buah kesemek ya guys, makan kesemek gak akan bikin kamu jadi demek deh guys, yang ada justru  bikin badan kamu sehat segar bugar and makin langsing tentunya. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Sumber : Tribun

 

 

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...