Home / Artikel Kesehatan / Mitos-mitos Tentang Menstruasi Berikut Ini Mesti Kamu Buang Jauh-jauh, Deh!

Mitos-mitos Tentang Menstruasi Berikut Ini Mesti Kamu Buang Jauh-jauh, Deh!

Setiap bulan, sebagai seorang cewek, kamu akan kedatangan tamu yang bikin hari-harimu sedikit beda. Sederet larangan ini itu bikin kamu jadi nggak leluasa menjalani hari-hari selama datang bulan.

Eh, tapi jangan percaya begitu saja! Banyak, lho, serba-serbi menstruasi yang ternyata mitos namun masih sering dibilang oleh banyak orang. Apa saja, ya? Yuk, simak.

Mitos: Jangan keramas selama menstruasi.

Yup, yang satu itu paling sering kita dengar. Kabar baiknya, ini tidak benar. Bayangkan saja bagaimana jika kamu harus menghindari keramas saat menstruasi. Kulit kepala bau, berminyak, bau tidak sedap, rambut jadi jelek–iyuh, nggak banget! Nggak ada alasan buat para cewek untuk mengubah kebiasaan perawatan dan kebersihan rutin hanya karena sedang menstruasi.

Mitos: Lagi M? Tidur aja terus!

Oh tentu saja, istirahat penuh diperlukan saat kamu sedang menstruasi. Tapi ini bukan alasan buat kamu untuk males-malesan dan tidur terus saat sedang M. Kamu juga harus banyak beraktivitas atau berolahraga. Selain bikin mood bagus, menyibukkan diri dengan kegiatan bakal meringankan nyeri saat lagi datang bulan.

Mitos: air hangat bisa bikin menstruasi lancar

Ini sih mitos. Kamu nggak bisa membuat M lebih lancar (sayang banget!), dan juga sebaliknya. Mandi atau minum air hangat jelas nggak ada pengaruhnya sama lancar tidaknya haid kamu. Namun, mandi atau minum air hangat bisa membantu mengurangi rasa nyerinya.

Mitos: Datang bulan nggak teratur = reproduksi nggak sehat

Hmm, kalau ini, ada baiknya kamu bicarakan dengan dokter atau ahli mengenai siklus menstruasi. Kamu nggak bisa langsung menjustifikasi bahwa ada yang salah dengan kesehatan reproduksi kamu cuma gara-gara siklus menstruasi kacau. Sebab, bagi beberapa gadis, siklus menstruasi mereka nggak pernah benar-benar teratur. Ada banyak hal yang menjadi faktor, termasuk stres, penyakit, dan olahraga yang hebat. Hal-hal tersebut bisa mengacaukan siklus menstruasi. Nah, untuk yang satu ini, kamu sebaiknya konsultasikan dengan ahli.

Mitos: Aduh, siklus haidku lebih dari 28 hari!

Well, jangan cemas, 28 hari itu cuma rata-rata, kok. Kamu nggak perlu bingung kalau menstruasi kamu datangnya kurang atau lebih dari 28 hari! Jumlah hari dalm siklus menstruasi bervariasi tiap-tipa perempuan. Tubuhmulah yang paling tahu kapan waktunya M atau kapan waktunya berhenti, jadi nggak usah terlalu khawatir.

Mitos: “Tunda menstruasi Anda dengan ­­­­­_________ (isi sendiri)!”

Hihihi, nggak usah repot-repot ngisi, kok. Faktanya, nggak ada hal yang bisa nunda atau memperpendek waktu menstruasi kamu. Jadi, nggak ada gunanya melawan bawaan alami dari tubuh, seperti siklus menstruasi. Malahan, memaksa diri untuk melakukannya bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Jangan, ya!

Nah, intinya, jangan mudah percaya kata orang-orang tentang haid. Cari dulu kebenarannya, atau kalau perlu konsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...