Home / Artikel Kesehatan / Hasil Riset / Penggunaan Smartphone Mempengaruhi Pola Tidur Balita dan Anak-anak, Burukkah Bagi Mereka?

Penggunaan Smartphone Mempengaruhi Pola Tidur Balita dan Anak-anak, Burukkah Bagi Mereka?

Menurut para peneliti, balita yang menghabiskan waktu dengan bermain smartphone atau tablet cenderung mengalami kurang tidur dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian yang dilakukan dalam Scientifc Reports menunjukkan setiap jam yang digunakan untuk menyentuh touchscreen berkaitan dengan berkurangnya waktu tidur anak-anak sekitar 15 menit.

Meskipun demikian, penggunaan smartphone bagi balita dan anak-anak nyatanya memang mampu mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan yang tidak.

Penelitian oleh Birkbeck, dari University of London, melibatkan 715 orang tua dari anak-anak berusia di bawah tiga tahun. Dalam studi ini, Birbeck bertanya seberapa sering anak mereka bermain dengan smartphone atau tablet dan bagaimana pola tidur anak mereka.

Hasil riset menunjukkan bahwa 75% balita  menggunakan smartphone setiap hari. Anak-anak yang telah mengenal ponsel pintar sejak dini mengalami sulit tidur pada malam hari.

Dr Tim Smith, salah seorang peneliti, mengatakan kepada situs BBC News: “15 menit bukan jumlah yang besar bila Anda tidur 10-12 jam sehari, namun setiap menit istirahat sangatlah berharga untuk perkembangan muda bagi anak-anak dan balita.”

Studi ini tidak begitu definitif, tetapi Dr Smith mengatakan: “Tampaknya, mengenalkan anak pada smartphone di usia dini dapat mengarah kepada terjadinya masalah tidur pada anak-anak”. Di sisi lain, penelitian pun menunjukkan bahwa balita yang aktif menggunakan touchscreen mempercepat perkembangan keterampilan motorik mereka, yang mana ini merupakan suatu hal yang baik bagi kecerdasan anak.

Jadi, apakah balita dan anak-anak harus dikenalkan kepada ponsel pintar dan layar sentuh atau tidak?

Dr Anna Joyce, seorang peneliti perkembangan kognitif di Coventry University, menjawab: “Studi ini adalah studi pertama yang menyelidiki hubungan antara tidur dan penggunaan layar sentuh semasa balita. Mengingat dengan apa yang telah didapat dari penelitian kami sejauh ini, ada baiknya bila para orang tua membatasi penggunaan touchscreen dan gadget lain bagi anak-anak mereka, khususnya sebelum tidur.

“Sampai kita tahu lebih banyak tentang bagaimana touchscreen mempengaruhi pola tidur mereka, anak-anak tidak harus dilarang sepenuhnya menyentuh gadget,” tambahnya.

Sebagai orang tua modern, sebaiknya kita senantiasa mendampingi buah hati kita dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang pesat. Anda boleh memberikan kebebasan bagi anak-anak Anda untuk menggunakan ponsel pintar, namun Anda juga harus bijak dan pandai dalam mengawasinya.

Check Also

Riset terbaru, Hentikan Flu Sebelum Terinfeksi Virus Flu

Para ilmuwan telah menemukan cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar berpotensi mengatasi infeksi pernafasan ...

...