Home / Artikel Kesehatan / PLEASE ! STOP KEBIASAAN SEPELE INI KARENA DAPAT MERUSAK OTAK
PLEASE ! STOP KEBIASAAN SEPELE INI KARENA DAPAT MERUSAK OTAK
PLEASE ! STOP KEBIASAAN SEPELE INI KARENA DAPAT MERUSAK OTAK

PLEASE ! STOP KEBIASAAN SEPELE INI KARENA DAPAT MERUSAK OTAK

Untuk menjaga kesehatan  dan menghindari penyakit datang ke tubuh kita, banyak hal yang  telah kita lakukan guys, entah itu menjaga pola makan, berhenti merokok, stop alkohol, rajin berolahraga, minum suplemen kesehatan,  bahkan jadi vegetarian. Tapi tau gak sih guys, kadangkala  kita malah gak peka dengan kebiasaan sehari hari kita yang justru  menjadi pemicu timbulnya penyakit.

Kali ini kita akan membahas kerusakan pada otak, wew .. ngeri juga ya kalo bahas organ vital satu ini, salah dikit aja bisa berakibat fatal bagi semua kinerja organ lainnya . maka jangan  heran juga ya guys , untuk melindungi organ paling vital ini , bila kita berkendara motor pun diwajibkan memakai helm pelindung, selain untuk melindungi wajah  dari debu yang terpenting yakni untuk melindungi otak yang ada didalam kepala , kalo pun terkena guncangan hebat , maka helm dulu yang pertama mendapat benturan , artinya kepala tidak secara langsung mendapat benturan , bila kepala terkena benturan secara langsung , maka kemungkinan besar otak akan mnegalami cidera dalam , sebegitu pentingnya otak dijaga , tapi yang paling penting adalah , menghindari kebiasaan sehari hari kita yang dilakukan terus menerus dan tanpa disadari malah membuat kerusakan pada otak kita , nah apa aja kebiasaan tersebut ? simak  penjelasan berikut .

  • Tidur Dengan Menutup Wajah Dengan Bantal

Kedengaran nya emang remeh guys , tapi kalo ini kamu lakukan terus menerus , maka ini akan menyebabkan kerusakan pada otak , dikutip  dari trendshealth, kebiasaan ini dapat meningkatkan asupan karbondioksida dan penurunan asupan oksigen , nah bagi kamu yang suka tidur model begini , sebaiknya  hentikan kebiasaan ini ya guys.

  • Menahan Bersin

Adakalanya kita mau bersin , eh ada mertua disebelah , entah kita sungkan karena suara bersin kita seperti orang marah atau ngebentak , atau takut mertua kaget , jagan ditahan ya guys , mending pindah tempat lalu bersin , urusan yang disana tetep kaget urusan belakang , yang penting bersin jangan sampe ditahan 😀 pasalnya bisa menyebabkan kerusakan otak lo,  dengan menahan bersin aliran darah ke otak jadi  terganggu dan membuat pembuluh darah juga jaringan saraf mengencang, nah akibatnya  membuat sakit kepala, kerusakan jaringan otak bahkan pendengaran akan terganggu guys.

  • Pake Parfum Menyengat Hidung

Pake parfum boleh aja ya guys, tapi jangan kemaruk juga mentang mentang belinya isi ulang , main semprot sampe menyegrak hidung , pake yang sewajarnya aja yaa, jangan sampe nyegrak dihidung , kenapa ? karena zat sintetis yang ada dalam parfum menghasilkan aroma yang lebih tajam dari pewangi alami , dan ini dapat mengakibatkan mual , hidung sakit dan jaringan otak mengalami penekanan , jadi kalo pake parfum yang sewajarnya aja ya guys .

  • Merokok

Kalo ini udah pada tau ya , yang namanya merokok gak ada bagus nya dah buat kesehatan , sealain merusak otak , merokok juga merusak organ lain seperti paru paru jantung dan organ penting lainya , so berhenti merokok dari sekarang , kalo pun susah , niatin dulu dari dalam hati , and yakin deh suatu saat pasti bisa berhenti . 🙂

  • Begadang

Begadang kalo sekali kali boleh aja , tapi kalo tiap hari ? inget ya guys dengan kamu tidak tidur malam , lantas kamu menggantinya dengan tidur setelah paginya , tetap tidak bisa mengganti jam istrirahat otak yang ada dalam tubuh kamu , dengan kita tidur dimalam hari , jam tersebut adalah hak bagi otak untuk beristirahat , dengan merampas hak si otak , maka otak akan mengaalami kerusakan pada tiap sel selnya .

  • Kekenyangan Karena Kebanyaakan Makan

Nah segala sesuatu kalo kebanyakan alias berlebihan tentunya gak ada baik baiknya buat kesehatan , termasuk untuk otak kita , kenapa ? Karena pada saat kita mengalami kekenyangan  akan membuat pengeras an pada  pembuluh otak yang biasanya menuntun perilaku pada menurunnya kekuatan mental.

  • Jarang Ngobrol

Bagi kamu yang pemalu , boleh aja pemalu tapi ngobrol nya dibanyakin  yaa sama teman teman dekat kamu , kalo kamu jarang ngobrol kasianilah perkembangan otak kamu , karena dengan seringnya berinteraksi melalui obrolan dengan teman teman itu sangat baik untuk kinerja otak berkembang.

  • Jarang Sarapan Pagi

Sebenarnya nih guys , hal yang paling penting  dari sebuah makan , maka sarapan pagilah yang paling penting  yang harus dilakukan dariapada makan siang , sore atau malam , kenapa ? Karena pada saat pagi hari sebelum kita beraktifitas total , pentingnya mengisi bensin  alias nutrisi pada tubuh untuk cadangan energi , dengan kamu tidak sarapan dan udah jadi kebiasaan pula , maka yang terjadi adalah turunnya kadar gula dalam darah dalam tubuh  yang membuat berkurangnya asupan nutrisi pada otak, dan kalo ini terjadi terus menerus otak kamu akan mengalami kerusakan guys.

Sumber: tribunnews.com

Nah itu tadi kebiasaan sehari hari yang sebenarnya sepele kelihatanya tapi justru berdampak fatal bagi kesehatan otak, rubah kebiasaan tersebut jadi kebiasaan yang baik, inshaaALLAH otak kita bakal sehat dan jauh dari yang namanya penyakit ya guys , aamiin . Semoga bermanfaat 🙂

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...