Home / Artikel Kesehatan / Sekilas Tentang Kopi Hijau Manfaat Dan Efek Negatifnya

Sekilas Tentang Kopi Hijau Manfaat Dan Efek Negatifnya

Kopi kok hijau? Kopi apa? Kopi hijau sebenarnya kopi biasa. Disebut kopi hijau karena kopi dibuat dari biji kopi yang belum dipanggang sehingga warnanya masih berwarna hijau kering. Dengan rutin minum kopi hijau/ green coffee bermanfaat meningkatkan derajat kesehatan. Kopi hijau kaya akan kandungan antioksidan sehingga berkhasiat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal serangan radikal bebas yang kerap kali dituding sebagai penyebab timbulnya masalah kesehatan. Selain itu, manfaat minum kopi hijau bisa menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang punya keinginan untuk mengurangi berat badan, kopi hijau bisa jadi pilihan untuk Anda bisa mewujudkannya.

Kopi Hijau bisa menurunkan berat badan?

Kopi hijau dianggap bisa menurunkan berat badan dan akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan mereka yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Selain dikatakan berkhasiat membantu menurunkan berat badan, efeknya juga bisa mengurangi tekanan darah.

Berikut ini adalah khasiat atau manfaat lain dari kopi hijau:

Membantu Menormalkan Tekanan Darah
Meningkatkan Mood
Sebagai penangkal radikal bebas karena berfungsi Sebagai Anti Oksidan
Mengontrol  Kadar Glukosa Dalam Darah
Memacu Metabolisme Lemak Di Hati
Meminimalisir Penyerapan Lemak

Namun banyaknya manfaat dari kopi hijau tidak berarti dapat dikonsumsi suka-suka. Kopi hijau juga punya efek samping jika diminum berlebihan, di antaranya adalah:

1. Gangguan Asam Lambung

Konsumsi kopi hijau dapat menaikkan asam lambung, tentu ini akan membuat mereka yang punya gangguan lambung merasa tidak nyaman. Meskipun kita tahu bahwa kopi hijau memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu ada beberapa zat yang berfungsi mengurangi penyerapan karbohidrat dipencernaan usus besar yang memang bagus untuk program menurunkan berat badan. Tapi bila seseorang penderita maag/asam lambung sebaiknya mengurangi minum kopi. karena akan memperburuk kesehatan lambungnya.

2. Mengakibatkan Gangguan Mata

Tidak hanya kopi biasa, diketahui bahwa kopi hijau ternyata memiliki kadar kafein yang hampir sama dengan kopi biasa. Jadi jika seseorang minum kopi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan pada mata (Glaucoma). Mereka yang dalam sehari minum kopi bisa sampai 3 kali, sangat disarankan untuk menguranginya. sebab kebiasaan ini dapat berpengaruh dengan kesehatan terutama mata.

3. Minum Kopi Pagi Hilangkan Rasa Deg-degan

Sebenarnya dalam mengkonsumsi kopi yang perlu di perhatikan adalah berapa banyak dan sering anda meminumnya. karena sama halnya dengan kopi biasa Kopi Hijau jika diminum secara berlebihan tentunya akan berefek samping pada kesehatan. Walaupun ada banyak manfaat yang terkandung di dalam kopi tersebut, bukan berarti banyak mengkonsumsi banyak pula khasiat yang di peroleh. Tapi sesuaikanlah dosis dan takaran yang berlaku, selain itu jaga pola makan dan pola tidur serta sering berolahraga supaya tubuh tetap sehat dan aktifitas selalu lancar tampa di halangi dengan penyakit.

Beberapa orang dengan penyakit tertentu disarankan untuk menghindari minum Kopi Hijau ini. sebab akan di khawatirkan dapat memperburuk kondisi tersebut. berikut adalah mereka yang dianjurkan untuk menghindari minum kopi khususnya kopi hijau :

  • Anak-anak dibawah usia 2 tahun
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Penderita gangguan usus
  • Mereka yang menderita Osteoporosis (Tulang keropos)
  • Gangguan perdarahan

Demikian sekilas ulasan tentang kopi Hijau yang sedang tren ini, semoga banyak membanty dan bermanfaat.

diolah dari berbagai sumber internet

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...