Home / Artikel Kesehatan / Suka Minum Susu? Ini 5 Manfaat Konsumsi Susu Kambing untuk Kesehatan

Suka Minum Susu? Ini 5 Manfaat Konsumsi Susu Kambing untuk Kesehatan

Sumber utama kalsium bagi tubuh manusia adalah susu, salah satunya adalah susu kambing. Susu kambing kaya akan kalsium, anti-oksidan, dan asam lemak baik. Selain mencukupi nutrisi, apa saja manfaat susu kambing bagi kesehatan?

Berikut adalah pembahasannya.

1. Mengatur Metabolisme Tubuh

Susu kambing memiliki kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga. Oleh karena itulah masalah pencernaan dan penyerapan sari makanan bisa diatasi dengan mengonsumsi susu kambing. Jadi, pada saat Anda mengalami konstipasi yang menyebalkan atau perut kembung, susu kambing adalah solusinya.

2. Menurunkan Jumlah Lemak

Lemak tinggi adalah masalah utama yang menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Meski akibatnya tidak terasa segera, seiring waktu, lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa  menimbulkan komplikasi.

Susu kambing merupakan salah satu pilihan bagus bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan lemak susu kambing sangat rendah dibanding susu sapi. Selain itu, lemak susu kambing tidak menggumpal, sehingga bisa dicerna dengan mudah oleh bayi. Susu kambing juga mengandung lebih banyak asam lemak esensial dan kombinasi asam lemak rantai pendek dan rantai sedang.

3. Kaya Akan Kalsium

Tentu saja, semua jenis susu kaya akan kalsium. Tapi fakta bahwa susu kambing tidak menyebabkan efek samping adalah sesuatu yang membedakannya dari susu lain. Susu kambing kaya akan kalsium dan juga asam amino triptofan. Triptofan merupakan nutrisi penting bagi vertebrata.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bila sistem kekebalan tubuh berfungsi pada tingkat optimal, tubuh bisa tetap kuat dan sehat. Selenium adalah salah satu mineral yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi sebaik mungkin, dan banyak ditemukan dalam susu kambing.

5. Berperan Sebagai Anti Alergi

Susu sapi umumnya bisa menimbulkan gejala alergi, misalnya batuk lendir. Namun, karena susu kambing tidak mengandung lemak yang sama seperti susu sapi, ia tidak akan merangsang pembentukan lendir di dalam tubuh.

Selain itu, lemak dalam susu kambing hanya sepersepuluh dari jumlah yang ada pada susu sapi. Inilah salah satu alasan mengapa susu kambing tidak menyebabkan iritasi pada perut.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Diet Telur Rebus – Turun 10 Kg Dalam 2 Minggu!

Anda akan merasa terkejut akan hasilnya! Salah satu masalah kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan. ...

...