Home / Artikel Kesehatan / SWEET’S SYNDROME TERNYATA MANIS DIDENGAR, PAHIT DIRASA!
SWEET'S SYNDROME

SWEET’S SYNDROME TERNYATA MANIS DIDENGAR, PAHIT DIRASA!

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar “Sweet’s Syndrome”? Sindrom kecenderungan terhadap yang manis-manis? Seperti kecenderungan terhadap cokelat, permen, dan gula? Atau kecenderungan terhadap Raisa Adriana dan Chelsea Islan?

Nyatanya, Sweet’s Syndrome tidaklah sesederhana dan sebercanda itu. Lantas?

APA ITU SWEET SYNDROME?

Sweet’s Syndrome adalah suatu kondisi kulit yang langka.

Tanda-tanda sweet’s syndrome adalah demam dan muncul bercak luka berwarna merah pada kulit lengan, leher, kepala, punggung, dan sekujur badan. Bercak luka tersebut akan segera muncul setelah penderita mengalami demam atau infeksi pernapasan bagian atas, seperti rongga hidung, faring, atau laring. Bercak luka merah ini dapat bertambah ukuran dengan cepat, menyebar, dan menimbulkan rasa perih.

Penyebab pasti dari sweet’s syndrome belum diketahui secara tepat. Pada beberapa penderita, sweet’s syndrome dipicu oleh infeksi, penyakit, atau penggunaan obat-obatan tertentu.
Waspadalah! Sweet syndrome juga dapat muncul bersama dengan beberapa tipe penyakit kanker, seringnya yaitu Leukemia.

Jika dibiarkan, ada kemungkinan bercak luka kemerahan tersebut terinfeksi. Hubungi dokter untuk memperoleh rekomendasi mengenai apa yang harus Anda lakukan sebagai tindak lanjut.

BAGAIMANA CARA MENGATASI SWEET’S SYNDROME?

1. Pil. Korkosteroid oral, seperti prednisone. Bekerja dengan sangat baik, teptapi akan memengaruhi seluruh tubuh Anda. Kecuali bercak-bercak merah hanya sedikit, Anda mungkin memerlukan kortikosteroid oral. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan efek samping, yakni kenaikan berat badan, insomnia, dan tulang melemah.

2. Krim atau salep. Hanya bekerja di bagian kulit di mana krim/salep dioleskan. Dapat menyebabkan penipisan kulit.

3. Suntikan. Pilihan lain adalah engan menyuntikkan sejumlah kecil kortikosteroid pada setiap bercak luka. Harus dengan dosis yang tepat dan rekomendasi dokter.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...