Home / Artikel Kesehatan / Tahukah Anda? Inilah Efek Bila Anda Sering Mengikat Rambut Terlalu Erat

Tahukah Anda? Inilah Efek Bila Anda Sering Mengikat Rambut Terlalu Erat

Mengikat rambut seringkali dilakukan baik oleh wanita atau pria, khususnya yang berambut panjang. Selain dinilai praktis dan nyaman, mengucir rambut dapat membuat Anda tampak segar dan mencegah rasa gerah. Namun, tahukah Anda? Ternyata, terlalu sering mengucir rambut dengan ikatan yang terlampau kuat tidak baik, lho, untuk kesehatan rambut. Mengikat rambut terlalu kuat lama-kelamaan akan mengundang pusing di bagian belakang kepala. Hal ini disebabkan oleh ikatan yang kelewat kencang sehingga rambut menegang dan kulit kepala pun tertarik.

Berikut adalah beberapa dampak buruk terlalu sering mengucir rambut bagi Anda.

1. Rambut Rapuh dan Rontok

Mengikat rambut sama dengan mengekang rambut Anda. Rambut Anda menjadi tidak leluasa. Kucir rambut akan memaksa rambut dihimpun menjadi satu, sementara bentuk aslinya adalah terurai dengan bebas.  Pada dasarnya, rambut harus diperlakukan dengan lembut, mengucirnya terlalu erat hanya akan membuat rambut semakin rapuh sekaligus mudah rontok.

2. Mengganggu Kerja Saraf dan Bikin Pusing

Akar rambut berada di kulit kepala, sehingga saat mengikat rambut otomatis kulit kepala akan tertarik. Hal yang sama juga terjadi pada bagian-bagian tertentu kulit wajah tempat rambut tumbuh. Jika rambut dikucir terus menerus dengan ikatan yang terlalu kencang, kepala Anda pasti akan terasa pusing. Lebih jauh lagi, lama-kelamaan mengikat rambut akan mengganggu kerja saraf, baik  di kulit kepala maupun wajah.

3. Mengganggu Proses Pertumbuhan Rambut

Saat mengikat rambut terlalu kuat, folikel yang ada pada lapisan kulit kepala kita juga akan tertarik. Hal ini menyebabkan peradangan terjadi di sekitarnya, sehingga folikel rambut rusak dan pertumbuhan rambut pun jadi terganggu. Ini bisa jadi sangat buruk bila dibiarkan terus menerus. Rambut Anda bisa jadi tipis dalam waktu dekat. Mau?

4. Membuat Rambut Lurus Menjadi Bergelombang

Mengucir rambut terlalu kencang dan lama sering meninggalkan bekas berupa rambut jadi bergelombang. Rambut yang aslinya lurus, bisa jadi bergelombang kalau diikat terus. Ini adalah dampak apabila Anda memaksa/mengekang rambut terlalu lama, bentuk aslinya bisa jadi berubah. Parah!

Anda boleh saja mengucir rambut untuk kepentingan penampilan atau kenyamanan beraktivitas. Tapi jangan sering-sering, ya. Rambut juga butuh kebebasan.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...