Home / Apotik Hidup / Tips Ini Terbukti Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap
Tips Ini Terbukti Menghilangkan Bau Badan Tak SedapTips Ini Terbukti Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap
Tips Ini Terbukti Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Tips Ini Terbukti Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Bau badan membandel sering melanda siapa saja guys,  mau umur udah tua  ataupun masih muda, semua pernah  mengalami hal tersebut, tak jarang  untuk mengatasi hal tersebut akhirnya  sampai melakukan akupuntur untuk mengontrol kadar keringat berlebih ada juga sampe minum jamu ya guys, beli deodorant seabregk gabregk dan lain sebagainya. Sebenarnya guys  untuk menghilangkan bau badan tidaklah sulit asalkan bau badan tersebut tidak dikarenakan 2 penyakit ini  trimethylaminuria (TMA) yaitu suatu penyakit yang menyebabkan cairan yang keluar dari tubuh mengeluarkan bau sangat tidak enak banget seperti ikan busuk atau daging busuk (tapi penyakit ini masih langka guys, dan jarang terjadi, baru muncul pada tahun 1970 dan skalanya masih kecil antara  1:200.000 di Amerika Serikat ).  Sedangkan penyakit kedua  hyperhidrosis yaitu produksi  jumlah keringat yang berlebih pada tubuh, sehingga kalo kecampur bakteri dikit aja, langsung mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hyperhidrosis bisa terjadi karena faktor keturunan, atau bisa karena  menderita penyakit diabetes,  kelainan kelenjar tiroid, tumor, asam urat, menopause, keracunan merkuri, atau karena konsumsi obat-obatan tertentu. Nah kalo sudah masuk klasifilkasi dua penyakit diatas, maka tidak lain harap segera secepatnya berkonsultasi kepada dokter agar mendapat penanganan yang tepat dan akurat ya guys. Lalu bagaimana kalo bau badan yang kita alami nih, ada yang bau bawang merah menyengat, ada yang bau apek banget, atau bahkan saking apek apeknya  dalam radius sekian meter semua  teman langsung jaga jarak sampe tahan napas kalo kita dekati. Menyakitkan sekaligus sedih ya guys kalo liat keadaan seperti itu.  Sebelum kita menuju pada solusi menghilangkan bau badan, alangkah baiknya kita pilah dulu penyebab bau badan apa aja lalu solusi setelahnya, simak uraian berikut. 🙂

Penyebab Bau Badan

  • Obesitas

Orang yang mempunyai berat badan berlebih, akan sering mengeluarkan keringat berlebih , nah bila dia tidak menjaga kebersihan, maka bakteri akan suka berdiam pada keringat yang akhirnya menyebabkan bau badan, hal terpenting yang harus dijaga adalah asupan makan. Jangan  mengkonsumsi makanan berempah yang mengandung banyak bawang putih dan merah, hindari makanan berlemak, ikan, telur dan makanan setengah matang  karena itu salah satu penyebab bau badan. Sebaiknya konsumsi sayuran buah segar, sayuran hijau dan semua yang berbahan ringan protein nabati.  Bagi penderita obesitas untuk menjaga kebersihan lakukan mandi 3 kali sehari, mengganti pakaian dalam, lalu gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat. Selain itu di anjurkan untuk  mencukur bulu ketiak dan jangan lupa setelah mandi gunakan bubuk tawas yang halus lalu oleskan pada ketiak atau kalo tidak punya tawas bisa diganti dengan antiperspiran yang bisa dibeli di toko.

  • Tidak Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan amatlah penting, karena kalo gak bersih maka bakteri mau pun virus akan mudah masuk ke dalam tubuh, orang yang jarang mandi, akan menyimpan keringat dalam waktu lama dalam tubuhnya, keringat yang bercampur kotoran debu dan bakteri inilah yang bikin bau badan tak sedap, tidak hanya itu terkadang sudah mandi tapi masih berasa bau ?  Nah coba cek baju kamu apakah masih fresh  atau udah digantung dipake lagi terus digantung lalu dipake lagi ??  Keringat yang  ada di baju yang gak dicuci akan bercampur dengan yang namanya jamur, jadi  pada prinsipnya kalo kamu udah mandi, pastikan baju kamu juga fresh from setrikaan yah , jangan pake baju yang udah digantung berhari hari, badan yang udah bersih kadang kecampur jamur dan bakteri  dari baju sisa gantungan kemaren  dan itu juga yang  menyebabkan bau badan kamu awet.

 

  • Makan Makanan Pedas , Rempah Dan Bawang

Bagi kamu yang suka makan makanan berempah, boleh aja asal tau gimana cara mengatasi setelahnya, bila makan makanan berempah  usahakan untuk dikombinasikan dengan buah dan sayuran yang kaya akan  serat, hal ini akan membantu mengurangi aroma rempah dan bawang yang akan keluar dari keringat kamu, and satu lagi perbanyak air putih ya guys.

 

  • Makan Daging

Mengkonsumsi daging boleh aja asal gak berlebihan and gak tiap hari ya guys, kenapa? Daging yang menggumpal pada pencernaan  akan mengakibatkan bau badan yang terpicu pada pori pori tubuh termasuk di ketiak.

 

  • Diabetes

Penderita diabetes akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari pada orang normal, dan bau badan adalah ciri khas bagi penderita diabetes.  ( sebaiknya konsultasikan pada dokter )

Nah intinya bagi kamu yang tidak menderita  obesitas or diabetes, tapi masih bau juga ketiak dan keringatnya berikut ini ada tips untuk menghilangkan bau badan dari dalam maupun luar.

 

Pengobatan Luar

  • Belilah tawas lalu hancurkan sampe menjadi bubuk halus, pada saat mandi sebelum menggunakan sabun, campurkan 2 sendok makan tawas dengan air sedikit  gosok  secara perlahan tawas pada area yang kamu anggap bau nya menyengat, entah itu dipunuk, ketiak, atau lipatan lain. Diam kan selama 3 menit lalu bilas dan mandi seperti biasa, setelah itu pada saat mau pake baju ambil lagi bubuk tawas sejimpit, oleskan pada ketiak dan area yang bau, kibaskan sampai kering baru gunakan baju dan pengharum baju. Selain tawas dapat menghilangkan bau badan tawas juga berfungsi menghilangkan kehitaman pada ketiak.
  • Perasan lemon juga mampu menghilangkan bau badan, ketiak adalah tempat yang sensitif, kalo terasa perih saat di oles, bisa dicampur air sendikit agar ketiak tidak perih, lakukan ini setelah mandi.
  • Kapur sirih, dengan mencampur kapur sirih dengan sedikit perasan lemon, akan membantu menghilangkan bau badan, lakukan sebelum mandi.

Pengobatan Dalam

  • Minum Air Sirih

Kandungan dalam sirih sebagai antiseptik yang baik untuk membunuh bakteri penyebab bau badan, ambil beberapa helai daun sirih cuci bersih, taruh digelas siram dengan air panas mendidih, tutup , setelah air nya hangat baru diminum ya guys, lakukan ini sehari dua kali dijamin bau badan, bakal kabur.

  • Daun luntas atau beluntas

Kandungan nya ampir mirip sama sirih, sebagai antiseptik ,yakni  mampu menghilangkan bau badan , caranya ambil segenggam daun luntas  , bersihkan, bisa dijadikan lalapan langsung makan atau direbus dengan satu gelas air ukuran sedang, sampe mendidih dan minum selagi hangat 2 kali sehari.

 

  • Temulawak

Kandungan minyak atsiri didalamnya, juga mampu dengan gagah perkasa memerangi bau badan, caranya ambil rimpang temu lawak beberapa biji lalu bersihkan, potong tipis tipis and sebagian diparut untuk dijadikan  boreh ketiak, stelah diparut balurkan pada area yang bau nya menyengat seperti ketiak, diamkan 10menit, lalu bilas dengan air, sebagian lagi direbus dengan dua gelas air sampe tersisa 1 gelas lalu minum, dosisnya  sekali sehari, lakukan rutin maka bau badan bakalan ngacir.

Sumber : tribun

 

Nah itu tadi beberapa resep untuk diminum dan dioles pada bagian lipatan yang banyak keringat, semua yang kita lakukan diatas, apabila tidak didukung dengan pola hidup yang bersih, maka sama juga bohong.  Langkah pertama agar terbebas dari bau badan yaitu  ganti kebiasaan jorok yang pernah ada, misalkan seringlah ganti pakaian sehari minimal dua kali, kaos kaki juga harus diganti,  mandi yang bersih minimal dua kali sehari, baju yang sudah dipake sebaiknya dicuci bukannya digantung, kalo pola hidup kita bersih dan  selalu menjaga asupan makanan serta minum ramuan diatas, dijamin bau badan bakal sayonara.. gak ingin kembali lagi. Semoga bermanfaat.  🙂

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...