Home / Artikel Kesehatan / Wah! Ternyata Ini 5 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Anda

Wah! Ternyata Ini 5 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Anda

Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk banyak-banyak membaca buku. Terlepas dari kenyataan bahwa membaca menawarkan hiburan yang hebat, mendorong pemikiran mendalam, dan mampu membawa Anda kemana-mana di dunia ini hanya membalik halaman, ada juga alasan ilmiah mengapa membaca sangat menakjubkan untuk kesehatan Anda

Berikut ini adalah manfaat membaca bagi kesehatan. Yuk, simak.

1. Meningkatkan Ketajaman Memori dan Mencegah Pikun

Menurut Ken Pugh, direktur riset di Laboratorium Haskins, Yale, membaca bisa membuat ingatan Anda bagus. Ketika membaca, bagian otak yang bekerja lebih banyak daripada ketika Anda menonton film atau mendengarkan musik, termasuk yang berhubungan dengan visi, bahasa, dan kemampuan asosiatif. Orang yang membaca lebih banyak memiliki otak yang lebih kompleks. Apa maksudnya? Itu berarti aktivitas mental membaca membantu menjaga memori tetap tajam.

Selain itu, menurut sebuah penelitian di Rush University Medical Center di Chicago, membaca dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Studi ini menunjukkan hubungan antara melatih otak Anda dengan cara yang menantang secara mental, seperti membaca, dan tingkat penurunan ingatan yang lebih lambat. Sehingga jika Anda banyak membaca, Anda akan terhindar dari pikun.

2. Menghilangkan Stres

Menurut peneliti di Mindlab International di University of Sussex, membaca hanya dalam enam menit dapat membantu mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang membaca untuk menghilangkan stres akan menjadi lebih rileks, jika dibanding dengan orang yang melakukan hal lain untuk menghilangkan stres lainnya, seperti berjalan atau mendengarkan musik.

Menurut Dr. Lewis, “Tidak masalah buku apa yang Anda baca, dengan membaca dan membawa diri Anda seolah-olah masuk dalam buku tersebut memberi sensai mengasyikkan, sehingga Anda dapat melepaskan diri dari kekhawatiran dan tekanan di kehidupan sehari-hari dan menghabiskan waktu untuk berimajinasi bersama penulis.
3. Meningkatkan Fungsi Otak
Memori bukanlah satu-satunya bagian otak yang ditingkatkan kinerjanya ketika membaca. Menurut sebuah studi di Emory University yang dipublikasikan di Brain Connectivity, membaca terbukti bisa meningkatkan konektivitas di otak dan meningkatkan fungsi otak Anda. Studi tersebut juga menemukan bahwa ketika seseorang membaca cerita fiksi, kemampuan mereka untuk berempati meningkat. Sebab ketika Anda membaca cerita fiksi, Anda akan dipaksa untuk ‘menjadi’ dan ‘mengikuti’ kehidupan tokoh dalam buku tersebut, sehingga mampu membuat Anda menjadi lebih perasa.
4. Meningkatkan Perhatian Terhadap Sekitar
Dengan begitu banyak gangguan di zaman modern ini, tak heran bila orang memiliki perhatian yang lebih sedikit. Namun menurut ahli saraf, Baroness Susan Greenfield, membaca bisa membantu meningkatkan kewaspadaaan Anda, khususnya anak-anak. Dengan adanya struktur cerita (awal, tengah, dan akhir), membaca membantu otak anak-anak memproses hal-hal yang berurutan sehingga mampu menghubungkan sebab dan akibat. Hal ini membuat mereka berpikir lebih jernih dan memiliki perhatian mereka lebih tinggi terhadap sekitar.
5. Bikin Awet Muda dan Hidup Lebih Lama
Para periset telah menemukan bahwa membaca dapat membuat Anda awet muda. Menurut Panduan Kesehatan Keluarga dari Harvard Medical School, membaca–seperti aktivitas yang merangsang mental lainnya–membutuhkan usaha mental yang menciptakan koneksi baru di antara sel-sel saraf. Membaca bahkan dapat membantu Anda membangun “cadangan” yang bisa berguna ketika Anda mengalami kehilangan sel otak di hari tua.

Selain itu, para periset di Inggris telah menemukan bahwa membaca di sebuah klub buku/klub membaca dapat membantu Anda hidup lebih lama. Bagi orang-orang di usia pensiun, bergabung dalam klub buku/klub membaca bisa menjaga hubungan sosial Anda, bahkan memberi kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...