Home / Artikel Kesehatan / Wahai Wanita Karier, Jangan Sering Lembur Atau Inilah Akibatnya Di Kemudian Hari!

Wahai Wanita Karier, Jangan Sering Lembur Atau Inilah Akibatnya Di Kemudian Hari!

Baru-baru ini, seorang peneliti sekaligus profesor kebijakan dan manajemen layanan kesehatan di Ohio State University bernama Allard Dembe mengungkap fakta tentang wanita karir yang cukup mengejutkan.

Mengenai penelitian yang ia lakukan, Prof. Allard Dembe membuka suara pada United Press International, “Orang yang mempunyai kebiasaan bekerja hingga larut malam selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, sangat berpotensi untuk memiliki resiko tinggi terkena penyakit kronis di usia lanjut.” Ia melanjutkan, “Hal ini kemungkinan kecil terjadi pada pria, namun resikonya sangat besar terjadi pada wanita.”

Angka resiko terserang penyakit kronis di masa tua akan meningkat bila waktu kerja melebihi 40 jam, dan meningkat secara drastis jika jam bekerja di atas 50 jam. Wanita yang sering lembur atau bekerja lebih dari 60 jam dalam satu pekan memiliki resiko tiga kali lebih tinggi mengidap penyakit jantung, kanker non-kulit, diabetes. Serta, wanita yang cenderung workaholic seperti itu tiga kali lebih beresiko terkena penyakit asma, serta empat kali lebih beresiko terkena artritis.

“Selain itu,” tambah Prof Dembe, “bekerja lembur dapat mengganggu pola tidur seseorang dan membuat tubuh berada dalam kondisi stres yang terus-menerus.”

Bagi para wanita khususnya wanita karier, Anda harus pandai menyeimbangkan peran antara mengasuh anak, menangani pekerjaan rumah tangga, sekaligus memikirkan kesuksesan karier ke depannya. Namun, kesehatan jangka panjang perlu dijaga juga.

Jadi workaholic boleh, tapi jangan sampai kesehatan diri sendiri terlupakan. Itulah sosok wonder woman yang sesungguhnya.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...