Home / Artikel Kesehatan / Waspada! Ini 5 Bahaya Pakai AC Bagi Kesehatan

Waspada! Ini 5 Bahaya Pakai AC Bagi Kesehatan

Memang, di cuaca panas begini, AC bagaikan alat yang sengaja diciptakan untuk mengirim angin dari surga. Namun, jangan terlena. Di balik sensasi menyejukkan yang ditimbulkan oleh AC, ia juga bisa jadi berbahaya bila digunakan secara berlebihan.

Apa saja bahaya penggunaan AC bagi kesehatan?

1. Rentan Terhadap Penyakit dan Mengalami Kelelahan yang Konstan

Terkena udara dingin AC terus menerus menjadi alasan Anda merasa begitu lelah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja di lingkungan dengan udara dingin AC kemungkinan mengalami sakit kepala kronis dan kelelahan yang konstan. Mereka yang bekerja dalam ruangan yang terus-menerus disentrong AC mungkin juga mengalami iritasi selaput lendir, infeksi pernapasan, dan melemahnya sel darah putih. Hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu, serta penyakit lainnya.

2. Kulit Kering

Menghabiskan waktu berjam-jam di ruangan ber-AC menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban alaminya. Jika Anda tidak memakai pelembab, Anda akan menderita kulit kering. Jika kulit Anda kering, Anda akan rentan terhadap terjadinya penuaan dini. Selain itu, kulit kering juga rentan terhadap kuman penyebab penyakit. Hal ini dikarenakan kulit tidak memiliki perlindungan yang baik. Pada kulit kering, terdapat mikrolesi yang menjadi pintu masuknya kuman penyakit. Akibatnya, resiko infeksi pada kulit pun meningkat.

3. Memperparah Penyakit Kronis

Ternyata, AC diketahui mampu meningkatkan efek penyakit yang mungkin sudah Anda derita. AC bisa meningkatkan gejala tekanan darah rendah, arthritis dan neuritis, dan memperparah rasa nyeri.

Dr Gauri Mankekar, konsultan bedah THT dari Hinduja Hospital, juga mengungkapkan, “Sebuah AC menyebabkan pendinginan melalui proses penguapan sehingga bisa mengeringkan selaput lendir di hidung dan juga mulut.” Kondisi ini tentu saja bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Infeksi pernapasan yang paling sering terkena dampaknya seperti flu dan pilek, sering sakit kepala serta tenggorokan gatal.

4. Berkurangnya Kemampuan Untuk Berada di Udara Panas

Mereka yang menghabiskan banyak waktu di lingkungan ber-AC menjadi kurang toleran terhadap suhu musim panas. Hal ini disebabkan karena tubuh terbiasa terkena hawa dingin AC sehingga tubuh akan mengalami stres bila berpindah dari ruang ber-AC yang dingin ke udara terik di luar ruangan. Berkurangnya kemampuan menghadapi udara panas ini, nyatanya telah mengakibatkan peningkatan jumlah kematian terkait udara panas, yang sekarang rata-rata terdapat 400 kematian di setiap musim panas.

5. Munculnya Masalah Pernapasan

Meskipun AC mobil Anda bagaikan anugrah selagi Anda terjebak dalam kemacetan di hari yang panas, ternyata AC mampu menimbulkan kuman dan mikro-organisme penyebab terjadinya masalah pernapasan. Para peneliti di Louisiana Medical Center menemukan bahwa 22 dari 25 sampel yang diuji dalam mobil ber-AC memiliki resiko terserang penyakit saluran pernapasan lebih tinggi daripada yang tidak.

Juga, AC diketahui mampu menyebarkan penyakit yang terbawa di udara. Misalnya saja, penyakit Legionairre, yaitu penyakit menular berpotensi fatal yang menyebabkan demam tinggi dan radang paru-paru.

Menggunakan AC memang baik untuk kenyamanan Anda khususnya di saat cuaca panas. Namun, Anda juga tetap harus bijak dalam menggunakan alat tersebut dan memperhatikan kesehatan tubuh Anda.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...