Home / Artikel Kesehatan / WASPADAI 5 HAL INI, TERNYATA SARANG BAKTERI !
WASPADAI 5 HAL INI TERNYATA SARANG BAKTERI !
WASPADAI 5 HAL INI TERNYATA SARANG BAKTERI !

WASPADAI 5 HAL INI, TERNYATA SARANG BAKTERI !

Segala  usaha kita setiap hari demi  menjaga kesehatan, sepertinya  udah gak ada kurangnya ya guys, entah itu  dimulai dengan rutin berolahraga, menjaga asupan makanan, menjaga kebersihan badan rutin mandi dua kali sehari, rumah di sapu lalu di pel sampe baunya kaya rumah sakit ( bau desinfektan ) pokoknya segalanya serba bersih deh,  tapi  kok masih aja yaa kena penyakit, entah itu diare, muntaber dll. Mungkin kita lupa juga ya guys terkadang tanpa kita sadari, diluar rumah bisa jadi penyebab kenapa bakteri bisa masuk kedalam tubuh kita, nah kegiatan diluar rumah itu apa saja dan kenapa sih kok kita bisa terkena bakteri tersebut padahal kita udah bersih banget ini,  kemana mana pake masker biar debu gak masuk dll. Ok lah langsung aja ya berikut ini adalah tempat dimana sarang bakteri bertumpuk dan kemungkinan bisa dengan mudah masuk kedalam tubuh kita.

  • SUPER MARKET

What??? Supermarket bukannya tempat yang adem lantai nya clean and pake AC gimana bisa tuh bisa ada bakteri ?? Sayangnya memang benar guys di supermarket tempat terkumpulnya bakteri terutama pada barang barang nya yang setiap hari berganti tangan memegang, hal ini dilaporkan  oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat,  yang mengatakan hampir 200 ribu orang keracunan makan setiap hari karena menyentuh sesuatu, disinyalir masuk melalui mata dan mulut. Bahkan kantor berita News, Kamis (10/12/2015) sampai mengeluarkan anjuran agar selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kembali dari supermarket.

  • UANG

Faktanya didalam selembar uang yang kita pegang memang mengandung banyak sekali bakteri guys, perpindahan uang mulai dari bank yang mengeluarkan sampai ke tangan kita guys, bayangin berapa tangan yang udah megang uang yang kita pegang sekarang ini, apalagi bentuknya ampe kumel kucel warnanya udah ampe item gitu, haduuuuh yang pasti banyak patogen bakteri bersarang disana, hal ini diungkap oleh Dr Frank Vriesekoop dari Australian Institute of Food Science and Technology di Adelaide, beliau mengatakan hal yang sama, hal ini dibuktikan pula oleh sekelompok study di Indonesia, pada saat di  pedesaan rata rata wanita yang menyimpan uang dalam slempitan payudaranya mengalami iritasi dan ini disebabkan bakteri yang dibawa oleh uang tersebut, so habis pegang uang jangan lupa untuk mencuci tangan ya guys.

  • ATM

Masuk akal juga ya guys kalo atm dikatakan sebagai sumber bakteri, terutama karena ruangannya yang sempit dan juga keyboard tempat tangan menekan tombol angka, bayangkan berapa ratus orang dalam sehari yang keluar masuk atm, dengan kondisi ada yang sehat, ada yang sakit ada yang sakit pake banget, nah bahaya banget ya guys, usahakan membawa cairan anti septic ya guys kalo kemana mana,  agar kita dapat mencegah terjadinya penularan penyakit melalui bakteri dari tempat ATM.

  • BUAH

Buah yang ada di supermarket maupun yang ada dipasar juga menjadi sarang bakteri guys, hal ini disebabkan banyak dipegang oleh banyak  tangan, perpindahan buah mulai panen sampai pada toko penjual sudah melalui banyak perpindahan, sehingga besar kemungkinan, makan buah yang tidak dicuci sangat berbahaya karena dapat memberi jalan masuk bagi patogen bakteri menularkan penyakit, karena itu guys mau beli buah di super market ataupun pasar jangan main comot aja ya guys apalagi anggur ( buah yang langsung makan ) sebaiknya dicuci dengan air mengalir baru lah dimakan.

  • PAKET DAGING MENTAH

Hal ini diungkap pula oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, mengatakan dalam kemasan paket daging mentah yang dibungkus plastik bukanlah pertahanan yang baik karena masih bisa bakteri E. coli, listeria, dan banyak patogen jahat bersarang pada paketan daging mentah.

 

Nah itu tadi empat tempat dimana para bakteri jahat suka berdiam diri pada lokasi tersebut, dengan mengetahui tempat berbahaya tersebut maka kita bisa mengantisipasi ya guys agar bakteri tidak bisa masuk ke dalam tubuh kita dan keluarga, intinya selalu bersihkan tangan setelah memegang atau memasuki lokasi tersebut, ingat ya guys lebih baik mencegah daripada mengobati yaa. Semoga bermanfaat.  🙂

 

Sumber : Liputan6.com

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...