Home / Artikel Kesehatan / 3 Resep Masker Alami Dari Madu Untuk Menghilangkan Jerawat, Memutihkan Dan Mengencangkan Wajah

3 Resep Masker Alami Dari Madu Untuk Menghilangkan Jerawat, Memutihkan Dan Mengencangkan Wajah

Madu dan Madu! Ya, memangnya siapa yang tak tahu dahsyatnya pengobatan dengan Madu? Selain madu super berkhasiat sebagai obat dan juga sangat bermanfaat untuk menaikkan imunitas tubuh kita, Madu merupakan bahan alami yang digunakan dalam metode pengobatan herbal tertua didunia.  Bahkan hampir semua kitab agama-agama di dunia merekomendasikan memakai Madu untuk berobat.

Madu juga dikenal dapat digunakan sebagai obat oles luar/ topikal, selain untuk memelihara kesehatan madu juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Bicara tentang perawatan kecantikan, yang unik dari madu adalah ia dapat dikombinasikan dengan berbagai herbal ataupun bahan alami berkhasiat lainnya. Dengan menambahkan madu maka ramuan kecantikan yang dibuat benar-benar akan memberikan khasiat optimal. Madu yang kaya akan mineral dan vitamin mampu menutrisi dengan baik.

Madu dan Garam Himalaya

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, bisa menggunakan kombinasi madu dan garam sebagai masker. Sebaiknya pilih garamyang memiliki kandungan mineral terlengkap seperti Garam Himalaya/ Himalayan Salt. Larutkan 1 sdt garam himalaya dengan sedikit air hangat, tambahkan 2 sdm madu, campur hingga rata. Gunakan sebagai masker wajah. Lakukan seminggu 2 kali.

Madu, Beras dan Minyak Zaitun

Campuran Madu, beras, dan minyak zaitun berkhasiat untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Caranya rendamlah beras pada malam hari sampai beras agak lunak keesokan harinya. Haluskan beras dengan cara menumbuk atau menggunakan food processor dan jemur di bawah natahari hingga kering. Tepung beras yang sudah jadi dicampur dengan 2 sendok makan madu hingga membentuk adonan mirip pasta. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar adonan tidak terlalu lengket. Pakai masker ini pada seluruh wajah dan leher. Hindari bagian mata dan bibir. Biarkan mengering sekitar 30 menit. Setelah itu Anda bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Madu dan Kayumanis

Campuran ini memang kurang populer, namun siapa sangka ternyata ramuan ini dapat mengobati jerawat. Agar lebih maksimal kita juga dapat menambahkan kunyit dan tepung beras. Cara membuatnya sangat mudah yaitu:
Campurkan sekitar 1 sendok makan madu dengan 3 sendok teh tepung beras,  tambahkan juga 2 sendok teh bubuk kayumanis, serta 1 sendok teh bubuk kunyit. Aduk dan pastikan tercampur sampai rata. Oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dan leher, kecuali daerah mata dan mulut. Biarkan mengering selama 15 menit. Bila sudah kering, bersihkan wajah dari masker yang menempel dengan air sampai benar-benar bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Racun Lebah Untuk Obat Asma, Lever, Kencing Manis Hingga Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang yang tak mengira bahwa sengat lebah memiliki racun lebah yang disebut dengan nama ...

...