Home / Artikel Kesehatan / 5 Makanan Ini Bisa Perbaiki Suasana Hati Anda yang ‘Mendung’ Dalam Sekejap, Lho

5 Makanan Ini Bisa Perbaiki Suasana Hati Anda yang ‘Mendung’ Dalam Sekejap, Lho

Cerita sedih, malam kelam, langit mendung, dan hari yang buruk bisa menghancurkan mood berkeping-keping dan bikin Anda uring-uringan sepanjang hari. Semuanya terasa salah saat suasana hati Anda sedang buruk.

Suasana hati yang positif bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebaliknya, suasana hati yang jelek bakal memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik dan emosional Anda.

Tapi, jangan khawatir, moodbooster alami ini bisa mengembalikan mood positif Anda kembali! Apa saja?

1. Yummy, dark chocolate

Bila Anda merasa sedih, inilah saatnya untuk makan dark chocolate (coklat gelap). Ya, beberapa gigitan coklat bisa bikin Anda senang dalam sekejap. Namun pastikan Anda betul-betul makan dark chocolate, bukan coklat yang mengandung susu. Keduanya berbeda. Rasa dark chocolate lebih pahit dari coklat susu.

Coklat gelap dapat meningkatkan kadar serotonin Anda, neurotransmitter di otak yang mempengaruhi mood. Hal ini juga dapat mengurangi tingkat hormon stres, termasuk kortisol. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Untuk memperbaiki mood Anda, makan 1 sampai 1½ ons dark chocolate sehari. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan, karena mengandung banyak kalori dan bisa bikin gendut.

2. Makan ikan! (iya, Anda tidak salah baca)

Mereka yang sering galau sebaiknya mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, yang berperan penting dalam kesehatan emosional.

Dua jenis asam lemak omega-3 (asam asanapentaenoat (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)) berperan penting dalam fungsi saraf dan mengatur suasana hati. Asam lemak ini juga membantu mengembalikan integritas struktural ke sel otak yang penting dalam melakukan fungsi kognitif. Sebenarnya, orang yang mendapatkan banyak asam lemak omega-3 dari makanan mereka cenderung tidak mengalami gejala depresi sedang ataupun ringan.

Sebuah studi tahun 2006 yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry melaporkan bahwa kekurangan asam lemak omega-3 dapat dinyatakan sebagai faktor penyebab gangguan mood.

Untuk itu, makanlah lebih banyak ikan seperti salmon, tuna, sarden, maupun ikan asin. Mood Anda bisa dipastikan nggak akan labil lagi karenanya.

3. Teh hijau anti galau

Menikmati secangkir teh hijau juga bisa mengembalikan mood Anda. Teh hijau mengandung antioksidan dan nutrisi yang membuat pikiran jadi lebih waspada. Antioksidan melancarkan pembuluh darah ke otak, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Theanine, asam amino dalam teh hijau, membantu meningkatkan perhatian dan fokus Anda.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan di Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences mneyatakan bahwa asupan teh hijau menyebabkan peningkatan dopamin dan serotonin. Studi tersebut menunjukkan bahwa efek menguntungkan dari minum teh hijau mungkin disebabkan oleh perubahan metabolisme serotonin dan / atau dopamin.

Jadi, nikmati 2 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari untuk suasana hati menyenangkan sepanjang hari.

4. Makan apel (bukan yang beracun, lho!)

Apel membantu meredakan ‘mendung’ yang melanda mood Anda. Apel kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, yang bisa membuat suasana hati menjadi senang. Karena kaya akan serat dan karbohidrat, makan apel juga bisa menambah energi Anda.

Makanlah 1 atau 2 apel setiap hari untuk meningkatkan kualitas mood dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

5. Pisang, alpukat, semangka, brokoli–magnesium!

Jika tiba-tiba Anda merasa sedih tanpa sebab, bisa jadi Anda sedang kekurangan magnesium. Magnesium dibutuhkan untuk fungsi syaraf dan produksi serotonin, sehingga kandungan magnesium yang tinggi dalam tubuh dapat membantu memperbaiki mood Anda.

Magnesium membantu membuat Anda merasa tenang dan rileks. Sebuah studi tahun 2006 yang dipublikasikan di Medical Hypotheses melaporkan bahwa rendahnya kadar magnesium berkaitan dengan terjadinya depresi, gangguan perilaku, dan lebih sensitif.

Jadi, untuk menghindari galau, ada baiknya Anda konsumsi makanan yang kaya akan magnesium. Misalnya pisang, alpukat, brokoli, semangka, kacang almond, lemon, dan peach.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...