Home / Artikel Kesehatan / 7 Hal Sepele Ini Ternyata Mempunyai Manfaat Tersendiri Bagi Tubuh
7 Kebiasaan Ini Ternyata Mempunyai Fungsi Tersendiri Terhadap Kesehatan Tubuh
7 Kebiasaan Ini Ternyata Mempunyai Fungsi Tersendiri Terhadap Kesehatan Tubuh

7 Hal Sepele Ini Ternyata Mempunyai Manfaat Tersendiri Bagi Tubuh

Kadang kita sering melakukan hal-hal yang mungkin kita anggap biasa aja alias bukan hal yang penting, misalnya nih menguap atau bersin, padahal hal tersebut merupakan respon tubuh kita bila mengalami kontak dari luar, dan itu berpengaruh guys pada setiap organ kita didalam tubuh. Mau tau apa aja kebiasaan yang sering kita lakukan dan kenapa tubuh kita melakukan hal tersebut? Scroll ke bawah…

  • Merinding

Merinding alias berdiri bulu romaku hehe…,bukan lagu yaaaa..  tapi ini merinding beneran, sebenarnya kenapa sih kok rambut halus pada kulit kita bisa berdiri? biasanya orang bilang kalo ada hantu langsung berdiri bulu halus nya, atau pas kita kedinginan guys, well kalo ada hantu itu masih belom ilmiah yaa..tapi yang pasti merinding bisa terjadi karena ada rangsangan udara dingin nah rambut halus akan membantu menghangatkan tubuh sehingga bikin rambut dan gembung pada ujungnya. Selain itu merinding terjadi karena respons dari mekanisme ‘fight or light artinya ketika tubuh mengalami keadaan waspada akan bahaya maka akan mengeluarkan adrenalin dan darah yang dipompa ke dalam otot menjadi meningkat sehingga tubuh kita menjadi merinding guys.

  • Menguap

Menguap kadang kita anggap itu adalah tanda kalo kita lagi ngantuk ya guys, tapi ternyata menguap itu tidak melulu kalo kita ngantuk alias belom tentu ya guys, kenapa? Karena sebenarnya mempunyai tujuan untuk mendinginkan otak hal ini pernah diungkap oleh  Andrew C. Gallup, PhD, seorang peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat. Jadi menguap adalah mengeluarkan hawa panas yang ada diotak dan menggantinya dengan hawa dingin. Jadi bukan komputer atau hanphone aja ya guys yang bisa panas, otak kita juga bisa panas guys. 😀

  • Bersin

Bersin adalah salah satu cara tubuh kita mengeluarkan segala macam “kuman”. Biasanya guys …waktu kita bersin, hidung kita terisi terlalu banyak alergen, mocroba, debu atau iritasi lainnya.

  • Cegukan

Cegukan dengan bunyi kaya gini nih guys hig..hig…nah hal ini bisa terjadi bila kita makan terlalu cepat, atau bisa juga kita makan potongan besar satu makan an belom sempurna dikunyah main teleen ajaa, akibatnya saraf pneumogastric kita mengalami iritasi dan ini berhubungan erat dengan perut dan  diafragma, udara yang datang secara tiba-tiba masuk lewat ke dalam paru paru sehingga  glottis atau ruang antara pita suara menjadi menutup guys.

  • Jari keriput

Adakalanya kalo kita berenang dalam air terlalu lama atau pun mencuci piring terlalu lama atau pokoknya berinteraksi dengan air dalam waktu lama, sering kita liat jari tangan kita jadi  keriput dan kerut and memutih. Ternyata guys  jari tangan berkerut adalah berfungsi  memudahkan kita bila menggenggam barang atau benda yang basah dan benda yang berada di dalam air, serta kita dapat berjalan di dalam kolam renang dengan mudah bila jari kaki  kita juga ikutan berkerut.

  • Lupa / Lose Memori

Terkadang kita sering lupa dengan hal hal yang tidak membekas kuat pada ingatan kita. Bila kita punya ingatan pada suatu hal buruk atau mengerikan atau sebaliknya saat kita lagi girang dengan pengalaman yang menyenangkan, otak kita secara otomatis menghapus  tentang ingatan paling mengerikan dalam memori kita guys.

  • Mengangis/Meneteskan Air Mata

Air mata berfungsi sebagai pelindung selaput lendir mata kita ketika benda asing masuk ke dalam mata, selain itu air mata air mata juga mempunyai fungsi sebagai alat “pertahanan emosional.” Para ilmuwan percaya bahwa dalam situasi stres, tubuh menciptakan sumber baru yang kuat dari gangguan faktor diluar tubuh untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa sakit yang dialami , yaitu dengan mengeluarkan toksin dalam tubuh melalui air mata. Gak heran setelah menangis perasaan kita jadi plong dan lebih tenang ya guys.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...