Home / Artikel Kesehatan / 9 Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Mengatasi Sakit Bahu, Punggung, Leher, Hingga Sinusitis Dan Hipertensi

9 Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Mengatasi Sakit Bahu, Punggung, Leher, Hingga Sinusitis Dan Hipertensi

Tidur memainkan peranan penting dalam kesehatan manusia. Secara umum, manusia tidur rata-rata 25 tahun dalam usia hidupnya atau sekitar 7-9 jam tiap harinya. Kita tidak hanya membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur,tapi juga penting untuk mendapatkan posisi tidur yang tepat guna meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jadi bagaimana posisi tidur yang baik agar kita dapat memeperbaiki gangguan kesehatan?

Posisi tidur mempengaruhi berbagai aspek dalam tubuh Anda seperti, mempengaruhi tekanan darah, infeksi sinus dan banyak kondisi lainnya. Jadi, jika Anda ingin menyembuhkan beberapa kondisi kesehatan pastikan Anda tidak fokus hanya pada seberapa banyak Anda tidur tapi juga pada posisi tidur Anda.

1. SAKIT BAHU

Menurut “Women’s Health Magazine”, nyeri bahu dapat diterapi dengan posisi tidur di sisi tubuh yang tidak sakit dengan kaki yang sedikit ditekuk. Juga, bisa dengan memeluk sebuah bantal ke dada Anda dan menempatkan sebuah bantal lagi di antara kedua lutut Anda.

2. SAKIT PUNGGUNG

Untuk mengatasi sakit punggung, posisi tidur Anda benar-benar penting. Untuk kondisi ini, Anda harus tidur dalam postur tubuh yang  terbaik untuk Anda. Menurut WebMD, Anda harus berbaring telentang dan meletakkan sebuah bantal kecil di bawah lutut dan handuk yang digulung di bawah lekukan punggung Anda.

3. SAKIT KEPALA

Ketika mengalami sakit kepala, posisi tidur dapat membantu meringankan keluhan sakit kepala ini. The Hub’s Health Expert mengklaim bahwa beberapa jenis sakit kepala yang umum biasanya diakibatkan oleh karena posisi leher yang bengkok saat tidur. Untuk alasan ini, tahan kepala Anda dengan bantal agar tidak bergeser.

4. MASALAH SINUS

Posisi tidur Anda memainkan peran penting untuk meringankan gejala infeksi sinus. Harvard Medical School merekomendasikan agar Anda tidur dengan posisi kepala lebih tinggi untuk mencegah lendir atau cairan mukus terkumpul di saluran sinus.

5. HIPERTENSI

Sebelum Anda melakukan pengobatan atau terapi apapun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai kondisi umum tekanan darah Anda.

WebMD telah menerbitkan sebuah laporan oleh Ehime University School of Medicine yang berfokus pada posisi tidur dapat mempengaruhi tekanan darah. Mereka menemukan bahwa tidur dengan wajah Anda menghadap ke bawah secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah Anda.

6. NYERI PMS

Jika Anda menderita gejala PMS yang menyiksa, posisi tidur tertentu dapat meringankan kondisi ini. Menurut “Women’s Health Magazine”, untuk kondisi ini, Anda harus meletakkan bantal di bawah lutut untuk mencegah lengkungan tulang belakang Anda.

7. SAKIT LEHER

Jika Anda menderita sakit leher, Letakkan penyangga yang nyaman di bawah leher Anda, ini akan membuat perbedaan yang signifikan. Menurut PainPhysicians Anda bisa mengambil handuk yang digulung kecil dan meletakkannya di bawah leher. Juga, Anda bisa meletakkannya di bawah sarung bantal Anda untuk memperbaikinya posisi leher Anda.

8. GANGGUAN PENCERNAAN

“The Skin Sheen” merekomendasikan tidur pada sisi kiri badan untuk pencernaan yang lebih baik. Hal ini sangat penting karena perut diposisikan di sisi kiri dalam tubuh manusia. Jadi, saat tidur di sisi kiri, memungkinkan gravitasi untuk memperbaiki proses pencernaan.

9. MAAG

Mulas bisa menjadi kondisi kesehatan yang sangat mengganggu. Menurut WebMD, Anda bisa mengobati sakit maag dengan tidur pada sisi kiri.

Inilah beberapa posisi tidur yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter jika ada pertanyaan atau masalah lain.

Jadi, sudahkah anda memilih posisi yang tepat untuk tidur hari ini?

 

sumber: https://www.healthyfoodplans.net/

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...