Home / Artikel Kesehatan / Awas, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Alergimu Semakin Buruk!

Awas, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Alergimu Semakin Buruk!

Memiliki alergi memang merepotkan dan dapat sangat mengganggu. Beberapa orang dapat sangat tersiksa akibat reaksi alergi yang mereka derita, misalnya sesak napas, kulit yang meradang bahkan dapat memicu demam. Jika Anda memiliki riwayat alergi, sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti pencetus alergi Anda. Berikut adalah 5 jenis  makan yang merupakan penyebab alergi menurut US Food Allergy, yaitu:

1. Susu sapi

Biasanya Alergi terhadap susu sapi paling umum didapati pada anak-anak. Alergi susu telah mempengaruhi 2-3 persen dari bayi di negara-negara maju. Sebanyak 90 persen dari anak-anak yang alergi terhadap susu sapi ini biasanya akan sembuh dari alergi yang diidapnya pada saat mencapai usia 4 tahun.

2. Telur

Telur juga merupakan makanan yang kerapkali dituding sebagai penyebab alergi yang sangat umum pada anak-anak dan keadaan ini biasanya berlanjut hingga dewasa. Ada juga sebagian anak yang sembuh dari alergi ini pada usia 5 tahun. Hal-hal yang harus diperhatikan bila anak Anda atau justru Anda sendiri memiliki alergi pada telur, Anda juga harus  waspada pada beberapa jenis vaksin, termasuk vaksin flu, karena mengandung protein telur yang dapat memicu reaksi alergi yang serius pada individu.

3. Kacang tanah

Protein nabati yang terkandung dalam kacang sangat kuat dalam memprovokasi sistem kekebalan tubuh yaitu alergi, alergi pada kacang dapat menjadi serangan mematikan pada tubuh dan memang alergi kacang merupakan penyebab utama kematian terkait makanan. Namun, kematian ini masih cukup langka.

4 . Ikan

Makanan laut kerap menjadi pemicu alergi  pada manusia. Ini termasuk alergi yang sangat umum terjadi, biasanya alergi akan timbul setelah konsumsi  makanan laut seperti ikan, udang dan kerang. Makanan laut dapat menjadi alergen yang kuat pada beberapa orang, bahkan reaksi alergi pada makanan ini dapat menyebabkan reaksi yang mengancam jiwa. Alergi makanan laut biasanya akan diidap seumur hidup.

5 . Kerang (custacea dan moluska)

Alergi terhadap jenis makanan dari hewan bercangkang sangat umum terutama di kalangan orang dewasa. Yang menarik, mereka cenderung alergi pada crustacea (seperti kepiting, lobster, dan udang) atau juga pada jenis moluska (sebut saja cumi-cumi, kerang, remis, tiram dan kerang) hanya 14 persen dari penderita alergi makanan laut yang alergi terhadap keduanya.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...