Home / Artikel Kesehatan / Gatal! Basmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan 8 Bahan 100% Alami Berikut!

Gatal! Basmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan 8 Bahan 100% Alami Berikut!

Aduh, gatal!

Keberadaan kutu rambut memang sangat menyebalkan. Selain bikin garuk-garuk, kutu rambut yang dibiarkan hidup di kulit kepala Anda bisa menyebabkan banyak sekali masalah.

Nah, berikut ini adalah 8 solusi alami untuk menghilangkan kutu rambut. Yuk, simak.

1. Cuka

Cuka sangatlah efektif dan ampuh dalam menghilangkan kutu rambut. Cuka mengandung asam asetat yang ampuh membunuh kutu rambut beserta telurnya. Meskipun demikian, cuka yang dipakaikan pada kulit kepala bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menggunakan cuka secara berlebihan. Di samping itu, Anda bisa tambahkan juga sedikit air agar rambut tidak rontok akibat cuka yang bersifat abrasif.

2. Alkohol

Alkohol mengandung senyawa isopropil sebesar 70 persen lebih. Kandungan tersebut sangat efektif untuk memusnahkan kutu rambut sekaligus telur-telurnya. Caranya, siapkan sebuah wadah atau baskom lalu tuangkan alkohol secukupnya. Kemudian, gunakan jari-jari Anda untuk mengoleskan alkohol pada bagian kulit kepala dengan rata. Biarkan selama 30 menit, lantas sisirlah rambut Anda menggunakan serit (sisir khusus kutu). Kutu-kutu akan berjatuhan bersamaan dengan Anda menyisir rambut. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air dingin hingga bersih. Tetaplah waspada dan jangan berlebihan dalam menggunakan alkohol, sebab bisa menimbulkan iritasi.

3. Jus lemon

Kandungan asam dalam lemon sangatlah tinggi. Asam itulah yang bermanfaat banyak untuk menghilangkan kutu rambut dalam sekejap. Perawatan menggunakan lemon ini bisa dilakukan semua kalangan, mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa. Caranya, siapkanlah lemon sebanyak 1 buah dan juga cuka. Peraslah jeruk lemon, lalu oleskan pada kulit kepala hingga merata. Pijat-pijat lembut selama sekitar 10 menit. Diamkanlah rambut Anda selama 40 menit. Lalu, bilas dengan air hangat yang ditambahi cuka sampai bersih.

4. Mayones

Mayones? Ya, mayones! Anda tidak salah baca. Bahan yang satu ini, menurut The Minnesota Health Department, baik dalam membantu menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Caranya, balurkan mayones ke kulit kepala dan rambut secara merata dan menyeluruh. Jika dirasa sudah rata, turup rambut Anda menggunakan handuk atau shower cap atau plastik. Biarkan selama 5 hingga 6 jam. Kemudian, Anda bisa keramas dan membilas mayones pada rambut. Sisir rambut Anda menggunakan serit, dan lihatlah hasilnya!

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun memang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain sebagai perawatan kulit alami, minyak zaitun mampu menghilangkan kutu rambut dalam sekejap. Caranya, oleskanlah minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut sebelum tidur. Pijat-pijat lembut kulit kepala Anda, pastikan minyak zaitun telah merata. Tutuplah rambut Anda dengan shower cap. Keesokan harinya, Anda bisa keramas dan membilas minyak zaitun menggunakan air bersih.

6. Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Ketika sedang flu atau demam, minyak kayu putih menjadi solusi utama untuk mengatasinya. Namun, siapa menduga? Ternyata minyak kayu putih bisa bermanfaat lebih dari itu. Minyak kayu putih yang dipadukan dengan jeruk nipis ternyata mujarab dalam mengatasi masalah kutu rambut. Caranya, peraslah jeruk nipis sebanyak 2 buah dan  tambahkan 6 sendok makan minyak kayu putih ke dalamnya. Aduk-aduh kedua bahan hingga tercampur rata, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Pijat-pijat lembut dan diamkan selama 2 jam penuh. Setelah itu, bilaslah rambut Anda menggunakan air hangat.

7. Minyak kelapa

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya menggunakan minyak kelapa sangatlah gampang. Pertama-tama, oleskanlah minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut. Kemudian, pijat-pijat lembut selama sektiar 10-15 menit agar minyaknya meresap. Tutup rambut menggunakan shower cap semalam penuh, lalu esoknya cuci rambut Anda dengan bersih.

8. Bawang merah

Bawang merah dikenal sebagai bumbu masak. Meski demikian, kandungan sulfur putih dalam bawang merah ternyata sangat ampuh membunuh kutu rambut.  Caranya, siapkan 4 hingga 5 bawang merah dan haluskan. Peras bawang yang telah dihaluskan dengan memasukkannya ke dalam kain. Oleskan ekstrak bawang merah pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh. Tutup rambut Anda menggunakan handuk hangat selama 2 jam. Kutu pun berhasil dibasmi.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...