Home / Artikel Kesehatan / Hebat! Ini Manfaat Makan Sambil Lesehan Bagi Kesehatan Anda

Hebat! Ini Manfaat Makan Sambil Lesehan Bagi Kesehatan Anda

Anda datang ke sebuah warung yang membolehkan pelanggan untuk memilih: duduk di kursi atau lesehan. Mana yang akan Anda pilih? Duduk di kursi memang kelihatan berkelas dan nyaman. Namun siapa sangka kalau ternyata makan sambil lesehan ternyata bisa membuat Anda hidup lebih lama?

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut tentang manfaat makan secara lesehan.

1. Makan sambil yoga

Saat Anda sedang duduk di lantai sambil makan makanan Anda, Anda sebenarnya sedang melakukan salah satu pose yoga. Bisa jadi posisi Sukhasana, Swastikasana atau Siddhasana.

Meski postur duduk ini terlihat sederhana dan mudah, mempraktikkan pose ini dengan baik akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Dalam Sukhasana, Anda duduk sambil menyilangkan kaki, punggung tegak, dan dada membusung. Ini juga membantu membentuk postur tubuh yang baik.

Dalam pose Sukhasana, Anda akan menciptakan kondisi santai namun waspada, baik dalam tubuh dan pikiran. Selain itu, ini membantu mengurangi ketegangan otot. Oleh karena itulah, ketika Anda menyantap makanan Anda dalam kondisi duduk di lantai, sebetulnya Anda sedang melakukan kegiatan multi-tasking: makan sambil yoga!

2. Bagus untuk kesehatan sistem pencernaan

Duduk di lantai dengan posisi bersila dan makan makanan Anda bagus untuk sistem pencernaan Anda. Ketika Anda makan dengan duduk di lantai, Anda akan melakukan gerakan badan maju-mundur yang alami, sehingga membantu otot perut mengeluarkan cairan pencernaan. Produksi cairan pencernaan ini sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan yang cepat dan tepat.

Plus, posisi duduk ini membuat pikiran tenang dan memberi tekanan pada tulang belakang bagian bawah, sehingga terjadi relaksasi. Di sisi lain, makan dengan cara lesehan juga bisa melepaskan ketegangan otot dan membuat tekanan darah tinggi Anda menurun. Pencernaan optimal, tubuh pun tetap sehat.

3. Memperpanjang usia hidup

Siapa sangka makan sambil lesehan bisa membuat Anda hidup lebih lama?

Sebuah studi pada tahun 2012 yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology menyatakan bahwa kemampuan untuk berdiri dari posisi duduk di lantai tanpa menggunakan bantuan apapun berkaitan dengan harapan hidup yang lebih lama.

Menurut penelitian, bangkit dari posisi duduk membutuhkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh yang cukup besar. Ini dibutuhkan untuk menghindari kecelakaan, luka, atau jatuh. Jika seseorang mengalami kesulitan berdiri dari posisi duduk, dia 6,5 kali lebih beresiko meninggal dalam 6 tahun ke depan. Studi ini melibatkan orang-orang yang berusia 51 sampai 80 tahun.

Inilah mengapa makan sambil duduk di lantai bisa memperpanjang usia Anda.

4. Tubuh lebih kuat dan lentur

Duduk di lantai dalam posisi bersila juga membuat tubuh Anda lebih kuat dan lebih lentur. Posisi duduk ini meregangkan otot panggul, lutut, dan pergelangan kaki. Duduk lesehan juga meningkatkan fleksibilitas sepanjang tulang belakang, bahu, dan dada, sehingga membuat Anda lebih lentur dan mampu menangkal penyakit yang berhubungan dengan otot atau sendi.

Kekuatan dan fleksibilitas ini membantu Anda berdiri tegak tanpa membungkuk. Selain itu, Anda tidak akan merasakan yang namanya sakit pinggang, kecetit, atau encok saat mengangkat barang-barang berat.

Meski kedengarannya remeh, ternyata makan sambil lesehan punya banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk tulang belakang. Ada baiknya jika Anda mulai membiasakan duduk di lantai saat sedang menyantap makanan, untuk mendapatkan kualitas kebugaran jasmani yang baik.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...