Home / Artikel Kesehatan / Ih, Kesel! Basmi Cicak di Rumah Dengan 5 Cara Mudah Ini! Nomor 5 Jarang Diketahui

Ih, Kesel! Basmi Cicak di Rumah Dengan 5 Cara Mudah Ini! Nomor 5 Jarang Diketahui

Cicak termasuk binatang yang seringkali ditemui di rumah. Biasanya, mereka tidak mengganggu pada siang hari. Namun ketika malam tiba, mereka berkeliaran di dinding guna mencari serangga yang tertarik pada cahaya.

Sebenarnya, ada berbagai jenis kadal di dunia, dan kebanyakan dari mereka tidak berbahaya bagi manusia, seperti cicak. Akan tetapi, kotoran hitam dengan titik putih yang ditinggalkan oleh mereka tidak hanya menjijikkan, tetapi juga berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Penting sekali bagi Anda untuk menyingkirkan kotoran cicak dan cicaknya, karena cicak seringkali membawa salmonella. Bakteri itu bisa menimbulkan masalah serius pada manusia.

Lantas, bagaimana cara membasmi cicak di rumah?

1. Jaga kebersihan rumah Anda

Untuk mencegah cicak memasuki rumah Anda, Anda harus membuatnya merasa tidak diinginkan. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan rumah Anda. Ingatlah bahwa rumah yang kotor dan berantakan mengundang cicak untuk datang, karena menyediakan tempat persembunyian dan makanan untuk mereka.

  • Sapu rumah Anda secara rutin dan teratur.
  • Pel lantai secara teratur, terutama setelah makan.
  • Jangan sampai piring kotor dan debu menumpuk terlalu banyak.
  • Buang sampah, tumpukan majalah, dan kotak penyimpanan tak terpakai.
  • Pindahkan furnitur Anda dari waktu ke waktu untuk membuka tempat persembunyian mereka.
  • Buat suhu di dalam rumah Anda lebih sejuk, misalnya dengan cara membuka jendela. Cicak menyukai lingkungan yang hangat.

2. Tidak memberi cicak ‘mangsa’ dan ‘makanan’

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Jadi, mengurangi persediaan makanan cicak adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan mereka.

  • Buat kondisi rumah bebas serangga. Anda bisa gunakan semprotan anti-serangga jika perlu. Bila cicak tidak menemukan mangsanya, mereka pasti akan pergi ke tempat lain.
  • Segera buang makanan sisa yang ada di sekitar rumah. Juga, bersihkan remah-remah makanan sesegera mungkin.
  • Jangan menyimpan tong sampah terlalu lama, karena ini menarik keberadaan cicak. Sering-seringlah membuang sampah.

3. Jangan ada celah untuk cicak!

Saat berurusan dengan cicak, Anda harus menutup semua celah masuk ke dalam rumah Anda. Binatang merayap ini dapat melalui celah yang sangat kecil di dinding, bahkan lubang kecil dan retakan pun bisa menjadi pintu pribadi mereka.

  • Tutupi celah kecil atau lubang di dinding menggunakan sealant.
  • Perbaiki celah, retakan, atau lubang apapun di tembok rumah Anda.
  • Pipa air di dapur dan kamar mandi Anda juga harus bebas dari retakan.

4. Gunakan perangkap cicak

Membeli perangkap atau membuat perangkap sendiri adalah cara yang baik untuk menyingkirkan cicak. Namun, agar metode ini bisa berhasil, Anda harus mengetahui dar mana cicak dapat masuk ke rumah Anda. Hal ini diperlukan agar Anda meletakkan perangkap di posisi yang tepat.

Anda bahkan bisa membuat perangkap cicak Anda sendiri dengan kotak sepatu atau botol air. Masukkan makanan dan lem perekat di jebakan.

5. Menakuti cicak dengan bulu merak

Telah diketahui bahwa ternyata cicak takut pada bulu burung merak. Sementara alasannya belum bisa dimengerti, para ahli percaya bahwa hama ini mengasosiasikan bulu besar burung merak dengan burung yang suka memangsa kadal atau cicak. Banyak orang telah berhasil menggunakan bulu merak untuk mencegah kadal di rumah mereka. Anda bisa membeli bulu merak di pasar lokal atau memesannya secara online.

Dengan menggunakan pita, tempelkan sekelompok bulu merak ke dinding tempat cicak tinggal. Anda bahkan bisa memasukkannya ke dalam vas bunga atau sudut di mana Anda biasa menemukan cicak. Ini akan menyebabkan kadal pergi jauh dari rumah Anda.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...