Home / Artikel Kesehatan / Ingin Cantik Alami dan Natural? Ini 7 Khasiat Kantung Teh Bekas Untuk Kecantikan

Ingin Cantik Alami dan Natural? Ini 7 Khasiat Kantung Teh Bekas Untuk Kecantikan

Biasanya, setelah menyeduh teh, kantung teh yang sudah terpakai langsung dibuang karena dianggap tidak bisa digunakan lagi. Namun, siapa yang menyangka? Ternyata kantung teh punya khasiat untuk kecantikan alami yang dahsyat, lho. Hanya dengan memanfaatkan kantung teh bekas, Anda bisa tampil menarik dan menawan bak para model.

Penasaran apa saja manfaat kantung teh buat kecantikan? Yuk, simak.

1. Anti penuaan dini

Tahukah Anda? Faktanya, teh hijau kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan ini mampu membantu memperbaiki sel-sel kulit dan menjaga elastisitas kulit Anda. Selain itu, teh hijau berkhasiat dalam memerangi tanda-tanda penuaan kulit, seperti kulit kendur, bintik-bintik usia, kerusakan akibat sinar matahari, garis halus dan juga kerutan. Oleh karena itu, jangan buang kantung teh karena bisa digunakan untuk masker anti penuaan dini.

2. Atasi jerawat di kulit wajah

Ingin kulit Anda cantik dan halus? Salah satu cara yaitu menghilangkan jerawat menggunakan kantong teh bekas. Di dalam teh hijau, terdapat katekin yang bersifat sebagai antibakteri. Katekin inilah yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Studi pada tahun 2009 yang diterbitkan Journal of Dermatology menyatakan, teh hijau bisa menjadi solusi efektif dan aman bagi jerawat.
3. Bikin rambut hitam berkilau bak iklan shampo
Rambut Anda kusam? Jangan cemas! Kantung teh bekas yang ada di dapur ternyata bisa mengembalikan hitam dan kilau rambut Anda. Antioksidan yang dikandung teh bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, ia juga mencegah masalah rambut yang  umum terjadi, misalnya kulit kepala kering maupun ketombe.

4. Hilangkan mata panda dalam semalam

Mata panda gara-gara sering begadang bisa dihilangkan dengan menggunakan kantung teh bekas, lho. Di dalam teh hijau, terkandung  zat anti-iritasi dan antioksidan yang bisa mengurangi pembengkakan di sekitar mata karena lelah atau kurang istirahat. Tunggu apa lagi? Hilangkan mata panda dan kembalikan percaya diri Anda!

5. Sembuhkan luka bakar

Luka bakar karena api ataupun sinar matahari ternyata bisa diobati dengan kantung teh celup yang sudah terpakai. Kandungan tanin dan  sifat anestesi zat dalam teh bisa membantu mengurangi gatal dan nyeri dari luka bakar.

6. Bau mulut? Nggak lagi!

Ini nih yang jarang diketahui! Ternyata, bau mulut tidak sedap bisa dihindari dengan adanya kantung teh celup bekas. Anda bisa mendapatkan kesegaran napas beraroma mint dengan menggunakan obat kumur sederhana dari daun peppermint dan kantung teh. Teh yang bersifat sebagai antiseptik dan antibakteri ternyata mampu melawan bakteri jahat dalam mulut penyebab bau tidak sedap.

7. Usir jamur kuku

Daripada membuang kantung teh begitu saja, gunakan kantung teh untuk mengobati jamur kuku. Kandungan tanin dalam teh mampu membunuh jamur yang menyebabkan infeksi. Sementara itu, sifat antibiotiknya dapat mengurangi gejala seperti rasa terbakar, inflamasi, serta iritasi kulit.
Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...