Home / Artikel Kesehatan / Ini Dia 8 Manfaat Luar Biasa Daun Binahong Untuk Kesehatan! Nomor 4 dan 6 Jarang Diketahui

Ini Dia 8 Manfaat Luar Biasa Daun Binahong Untuk Kesehatan! Nomor 4 dan 6 Jarang Diketahui

Siapa yang tak tahu tanaman binahong? Binahong (Bassela rubra linn) dikenal sebagai tumbuhan merambat yang berasal dari Negeri Ginseng, Korea. Selain batang dan umbinya, bagian tumbuhan binahong yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu daunnya.

Daun binahong mengandung saponin, alkaloid, asam askorbat, antioksidan, dan asam oleanolic. Saponin dan asam askorbat berperan dalam proses penyembuhan luka. Alkaloid berfungsi mengatur kadar gula dalam tubuh. Antioksidan ampuh dalam melawan zat karsinogen penyebab kanker. Sedangkan asam oleanolic bekerja sebagai anti-inflamasi dan pereda rasa sakit.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari daun binahong? Yuk, simak.

1. Menyembuhkan luka

Kandungan minyak atsiri dan asam askorbat dalam daun binahong sangat berguna untuk mengobati luka dan menjadi antiseptik alami. Caranya, tumbuklah daun binahong sampai lembut, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terluka. Oleskan secara rutin setiap hari hingga luka atau bengkak Anda sembuh. Luka memar, luka bakar, pegal linu, rematik, dan nyeri sendi bisa diatasi dengan cara pengobatan tersebut.

2. Melancarkan darah haid bagi wanita

Darah menstruasi yang tidak lancar menjadi masalah tersendiri bagi para wanita. Namun, jangan khawatir. Masalah tersebut nyatanya dapat teratasi dengan ramuan daun binahong. Caranya, rebuslah 3 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Rebuslah hingga mendidih dan sisakan air sebanyak 1 gelas. Langkah berikutnya, saring dan minumlah air rebusan daun binahong tersebut  setiap hari. Haid Anda akan lancar keesokan harinya.

3. Mengatasi jerawat dan merawat kulit

Dengan adanya kandungan zat yang mampu memberikan kolagen, daun binahong sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menghilangkan jerawat. Caranya, tumbuklah 5 lembar daun binahong hingga halus. Oleskan tumbukan daun tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Gunakan sebelum tidur secara rutin untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Sedangkan untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa menggunakan tumbukan daun binahong sebagai masker. Anti oksidan yang terkandung di dalamnya bisa mencegah keriput pada wajah.

4. Melawan penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun binahong mampu mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Selain itu, vitamin C atau asam askorbat di dalamnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya, rebuslah daun binahong sebanyak 30 gram di dalam 1 liter air mendidih. Rebuslah hingga air berkurang dan tersisa kurang lebih 600 ml.  Minumlah air rebusan daun binahong sebanyak 3 kali dalam sehari. Dosis untuk sekali minum adalah 200 ml.

5. Mencegah sakit maag

Zat dan senyawa yang terkandung dalam daun binahong ternyata bisa juga mencegah sakit maag. Untuk membuat obat maag dari daun binahong, Anda harus merebus 3 gelas air beserta 5 sampai 7 lembar daun binahong. Kemudian, minumlah air rebusan daun binahong sehari 3 kali secara rutin dan teratur.

6. Gegar otak

Gegar otak yang terjadi akibat kecelakaan dapat disembuhkan secara bertahap dengan ramuan daun binahong.  Caranya, ambillah 10 lembar daun binahong. Lalu, cuci hingga bersih dan rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih. Langkah berikutnya, saring hasil rebusan daun dan minumlah sehari 2 kali.

7. Mengobati ambeien berdarah

Penderita ambeien berdarah bisa disembuhkan dengan membuat obat herbal alami dari daun binahong. Caranya, cucilah 16 lembar daun binahong dan rebus dengan 3 gelas air. Didihkan hingga air tersisa sekitar satu gelas dalam panci rebusan. Kemudian, minum air rebusan daun binahong. Lakukan setiap hari untuk mendapat hasil optimal.

8. Mengatasi disentri

Masalah buang air besar seperti disentri ini sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun demikian, ramuan daun binahong bisa menjadi solusinya. Caranya, rebus 10 lembar daun binahong yang telah dicuci. Rebuslah daun bersama dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih dan menyisakan air sekitar 1 gelas . Minumlah ramuan tersebut. Lakukan pengobatan ini setiap hari hingga disentri Anda sembuh.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...