Home / Artikel Kesehatan / Inilah Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur
Inilah Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur
Inilah Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Inilah Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Haid datang setiap bulan bagi wanita biasanya mempunyai siklus 21 sampai 35 hari sekali, dengan lama haidnya sekitar 3  sampai 7 hari. Ada juga nih para wanita yang siklus nya gak normal alias sering telat atau bahkan sampe 6 bulan gak menstruasi, eh bulan ke 7 baru mens lagi. Sebenarnya  siklus haid yang gak teratur menurut para dokter disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya dari pola hidup yakni melakukan olahraga yang berlebihan lalu penurunan berat badan yang drastis, hal ini dapat membuat siklus haid jadi macet. Ada lagi penyebab lain yaitu pemasangan kontasepsi suntik maupun pil kb, nah berhubung ada perubahan hormon maka siklus haid bisa terganggu. Ada juga yang pada saat tanggalnya haid datang ternyata cuma keluar flek aja alias gak mau deras tuh darah haid sehingga bikin sakit perut, melilit bahkan sampe kram. Lalu bagaimana cara mengatasi haid yang tidak lancar seperti itu ? Simak uraian dibawah ini.

  • Minyak Sage Clary Peluruh Haid dan Kram Sakit Perut

Pada saat sudah keluar haid, tapi gak keluar banyak coba ambil minyak sage lalu olesin di bagian perut lalu stelah itu kompres perut bagian bawah dengan air hangat. Kram perut akan hilang dan haid akan lancar.

  • Olah Raga Joging / Jalan Kaki

Olah raga ini akan cepat membantu peluruhan darah haid semakin lancar. Tapi perlu di ingat jangan sampai kelelahan yaa, karena hal ini justru akan membuat haid tidak lancar.

  • Atur Asupan Makanan

Pada saat haid sebaiknya memilih asupan makanan berupa sayuran hijau, kacang kacangan dan daging merah. Kandungan zat didalam ketiga jenis makanan ini dapat membantu haid semakin lancar.

Nah.. adapun ramuan yang perlu diminum ketika haid tak juga lancar, maka tidak ada salahnya mencoba ramuan herbal berikut ini…

Siapkan bahan bahan berikut ini :

  • Kunyit atau kunir sebanyak 2 rimpang lalu
  • Ketumbar sebanyak setengah sendok teh
  • Biji Pala sebanyak 1/2 sdt
  • Daun sri gading sebanyak 1/2 genggaman

Caranya : Rebus seluruh bahan diatas dengan satu liter air sampe tersisa setengah nya, lalu minum satu kali sehari. Ramuan tersebut terbukti melancarkan haid yang ngadat. Selamat mencoba. 🙂

 

Sumber : Dr.oz.com

 

Check Also

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi ...

...