Home / Artikel Kesehatan / Inilah Yang Harus Dilakukan Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet
Inilah Yang Harus Dilakukan Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet
Inilah Yang Harus Dilakukan Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet

Inilah Yang Harus Dilakukan Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet

Permen karet sering banget dijadikan permen lucu-lucuan, bisa bikin gelembung, dan permen ini dikonsumsi tidak hanya oleh para adek kecil kita guys, tapi orang dewasa juga doyan banget sama permen yang satu ini. Ngomongin soal permen karet ada kalanya kita  sangking asiknya ngunyah ini permen gak sengaja ketelen masuk ke dalam perut. Ujung ujungnya kita baru ngeh setelah udah masuk, nah loo sebenernya permen karet yang udah masuk ke dalam perut itu aman gak yaa?

Pada dasarnya guys  permen karet  dibuat hanya untuk dihisap manisnya aja dan tidak di anjurkan untuk masuk ke dalam lambung karena pencernaan kita khususnya usus kita nih guys tidak dapat menecerna si permen karet dengan sempurna. Lalu gimana dong kalo udah terlanjur masuk? Jika hanya sekali dan dalam jumlah yang sedikit (maksimal satu buah) maka gak masalah guys. Karena usus mempunyai cara sendiri untuk mencerna dan membuang permen karet ini bersama tinja ketika buang air besar. Usus mempunyai gerakan peristaltik, yakni semacam kombinasi gerakan melingkar dan membujur untuk menggerakkan makanan menuju jalur akhirnya ke anus. Dengan gerakan peristaltik ini, permen karet yang tertelan bisa dibuang lewat anus bersama tinja. Akan tetapi yang perlu diwaspadai ketika anak kecil yang suka makan permen karet lalu menelanya dan itu lebih dari satu maka hal itu dapat menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan guys.

Lalu bagaimana cara mengatasi bila permen karet udah terlanjur di telan? Segera lah meminum air putih yang banyak ya guys, pastikan si permen karet tidak  menyumbat saluran pernapasan dan tenggorokan. Selain minum air putih bisa juga dibantu dengan memakan makanan yang tinggi serat guys, seperti agar-agar ataupun jeli sehingga  membantu melancarkan proses usus dalam memproses permen karet. Semoga bermanfaat.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...