Home / Artikel Kesehatan / Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, dan penyakit ini dapat menular. Cara penularan penyakit ini dapat dengan cara kontak langsung dengan manusia, hewan ataupun benda mati yang telah terkontaminasi oleh jamur penyebab kurap. Biasanya seseorang yang terkena penyakit kkurap ini mempunyai gejala kulit jadi bersisik, yang saat mandi akan terasa perih, adanya kemerahan akibat peradangan pada kulit yang disebabkan oleh garukan karena kurap rasanya sangat gatal, serta adanya lesi atau bintik kecil yang berbentuk bulat dengan pinggiran yang berisi air berwarna bening. Jika lesi ini pecah maka cairannya akan memicu lesi di sekitarnya, sehingga infeksi meluas.

Mengobati penyakit jamur kulit itu gampang-gampang susah, karena membutuhkan kesabaran, ketelatenan dan obat yang tepat. Beberapa merk obat topical anti jamur yang beredar di pasaran mungkin dapat membantu, namun tahukah Anda ketika belum ditemukan obat-obatan kimiawi orang tua-tua jaman dahulu menggunakan Lengkuas atau Laos untuk mengobati penyakit kulit terutama yang disebabkan oleh jamur.

Khasiat Lengkuas yang sudah dibuktikan secara ilmiah melalui berbagai penelitian, yaitu sebagai anti jamur. Biasanya orang dulu menggunakan parutan rimpang lengkuas sebagai obat penyakit kulit, terutama yang disebabkan oleh jamur, seperti panu, kurap, eksim, jerawat, koreng, bisul, dan sebagainya.

Lengkuas, rempah yang biasa digunakan di dapur ini memiliki sifat anti jamur. Oleh sebab  itu lengkuas sangat efektif untuk mengatasi infeksi akibat jamur salah satunya yaitu kurap. Caranya yaitu, pukul atau memarkan seruas rimpang lengkuas,  kemudian tempelkan pada kulit Anda yang mengalami ruam akibat kurap. Biarkan beberapa saat kemudian bilaslah dengan menggunakan iar hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Selamat mencoba!

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...