Home / Artikel Kesehatan / Mencuci Daging Ayam Dengan Air Sebelum Dimasak Berbahaya?

Mencuci Daging Ayam Dengan Air Sebelum Dimasak Berbahaya?

Sebuah badan di Inggris untuk keamanan pangan melakukan survei mengenai pengolahan daging ayam dan kesehatan. Dalam  Kesimpulannya adalah bahwa mencuci ayam sebelum memasak itu dapat memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan Anda.

Menurut penelitian sebanyak 65 persen dari daging ayam mengandung Campylobacter, bakteri yang merupakan penyebab paling umum dari keracunan makanan setelah salmonella.

Bakteri ini hanya dapat dihancurkan dengan  air mendidih. Membersihkan tangan, permukaan meja dan peralatan dapur tidak akan menghancurkan bakteri ini, sehingga tanpa sadar Anda dapat dengan mudah menginfeksi keluarga Anda saat menyiapkan makanan lainnya.

Walaupun Anda mencuci ayam, tetesan air yang berasal dari daging ayam tersebut akan tersebar dalam sekitar radius satu meter. Jadi semua benda yang ada dalam lingkaran radius ini berpotensi terkontaminasi.

Jika Anda mendapati bahwa Anda sedang mendapat gejala penyakit akibat terinfeksi bakteri ini, masa inkubasi berlangsung dari satu sampai enam hari. Selanjutnya akan disusul dengan demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, sering muntah dan diare menyebabkan dehidrasi muncul. Hal ini akan berlangsung dari tiga sampai lima hari.

Bagaimana cara untuk menghindari keracunan dari bakteri ini?

Sebagai permulaan, ayam segar harus disimpan dalam lemari es. Bungkus dengan plastik khusus dan simpan di bagian bawah kulkas. Jangan mencuci ayam sebelum Anda memutuskan untuk memasaknya, dan setelah memasak cuci semua peralatan yang telah Anda gunakan, jangan lupa mencuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun antiseptik.

sumber: http://gethealthytd.**m/careful-never-wash-raw-chicken-cooking/

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...