Home / Artikel Kesehatan / Mengapa Makan Pakai Tangan Lebih Baik Daripada Menggunakan Sendok?

Mengapa Makan Pakai Tangan Lebih Baik Daripada Menggunakan Sendok?

Di Indonesia, makan menggunakan tangan sudah menjadi tradisi turun menurun. Namun sebenarnya Makan pakai tangan ini sudah ada sejak lama sebagaimana dalam buku pengobatan kuno Ayurvedia

Hakekatnya Jari ditangan Menyimpan semua energi kehidupan vital Anda dalam keseimbangan hidup: Menurut Buku panduan Ayurvedic, kita semua terdiri dari lima prana utama atau energi kehidupan dan lima elemen ini sesuai dengan setiap jari di tangan kita (ibu jari menunjukkan api, jari telunjuk berkorelasi dengan udara, tengah jari menunjukkan langit, jari manis singkatan bumi dan kelingking menunjukkan air). Ketidakseimbangan salah satu dari unsur ini dapat menyebabkan penyakit. Ketika kita makan dengan tangan kami, kami biasanya bergabung jari dan ibu jari kita untuk makan, ini sebenarnya adalah sebuah mudra yang merupakan bentuk mudra Vigyan, atau studi tentang mudra dan kekuatan penyembuhan mereka pada tubuh. Oleh karena itu ketika kita makan kita sedang menyusun semua lima unsur dan energi makanan yang kita makan sehingga membantu kita menjadi sehat dan menjaga semua prana kami dalam keseimbangan.

#Memperbaiki pencernaan:

Sentuhan adalah salah satu sensasi paling kuat dan sering digunakan dalam tubuh. Ketika kita menyentuh makanan kita dengan tangan kita, otak memberi sinyal perut kita bahwa kita akan makan. Hal ini pada gilirannya, menyiapkan perut untuk mencerna makanan itu akan menerima, membantu dalam pencernaan yang lebih baik.

#Fokus dalam Memperhatikan makanan:

Makan dengan tangan Anda mengharuskan Anda untuk memperhatikan apa yang Anda makan. Makan dengan tangan membuat Anda mau tak mau perlu untuk melihat makanan dan fokus pada apa yang Anda masukkan ke dalam mulut. Ini sangat sehat, dikenal sebagai “Pola Makan dengan Kesadaran”, praktik ini jauh lebih sehat daripada makan dengan garpu dan sendok yang bisa dilakukan secara mekanis. Makan engan kesadaran memiliki sejumlah besar manfaat bagi kesehatan Anda dan salah satu manfaat yang paling penting adalah kenyataan bahwa hal itu meningkatkan asimilasi nutrisi dari makanan yang Anda makan, meningkatkan pencernaan dan membuat Anda lebih sehat.

#Melindungi mulut Anda dari sensasi terbakar:

Tangan Anda juga bertindak sebagai sensor suhu yang sangat efektif. Ketika Anda menyentuh makanan itu adalah mudah bagi Anda untuk mengukur seberapa panas itu sebenarnya, dan Anda cenderung untuk tidak menaruh makanan yang terlalu panas ke dalam mulut Anda sehingga secara efektif mencegah Anda dari lidah terbakar akibat makanan yang terlalu panas.

 

Check Also

Racun Lebah Untuk Obat Asma, Lever, Kencing Manis Hingga Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang yang tak mengira bahwa sengat lebah memiliki racun lebah yang disebut dengan nama ...

...