Home / Artikel Kesehatan / Mengetahui Penyakit Dari 7 Warna Lidah. No.3 Seringkali Diabaikan!

Mengetahui Penyakit Dari 7 Warna Lidah. No.3 Seringkali Diabaikan!

Lidah adalah salah satu organ tubuh yang merupakan gabungan otot yang sarat dengan pembuluh darah, sehingga bila terjadi perubahan entah itu tekstur, kelembaban, dan warna pada lidah ini menunjukkan adanya masalah kesehatan di dalam tubuh anda. Sehingga dengan begitu lidah dapat menjadi salah satu indikator adanya penyakit dalam tubuh. Bahkan, dahulu di jaman kuno sebelum adanya pengobatan modern, orang-orang Cina kuno telah mengetahui fakta kesehatan ini.

Pengobatan bangsa cina mengembangkan tehnik diagnosa menyeluruh dengan pemeriksaan yang melibatkan tanda-tanda alami dari dalam tubuh penderita sendiri, misalnya melalui pemeriksaan fisik, nadi, lidah, dan diagnosis pada suara. Pada pemeriksaan lidah, telah dikenal dengan sebutan Peta Lidah. Dengan menggunakan gambar imajiner berupa Peta Lidah, para sinshe atau ahli pengobatan di Cina bisa mendiagnosis beragam keluhan pada organ-organ utama yang ada dalam tubuh manusia.

Dalam prakteknya, diagnosa dengan pengamatan Peta Lidah memerlukan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam.

Walaupun umumnya warna lidah adalah merah muda, beberapa gangguan kesehatan dapat mengubah warnanya menjadi merah, ungu, kuning, hitam, coklat, atau putih. Perubahan warna tersebut memberikan arti beragam, berikut arti warna lidah sehubung dengan kondisi kesehatan tubuh.

1. Lidah berwarna Merah

Ketika suhu tubuh naik drastis, maka papila atau tonjolan-tonjolan kecil pada lidah akan membengkak sehingga lidah terlihat berwarna merah. Perubahan warna dapat disebabkan oleh penyakit demam berdarah, kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12. Keadaan ini juga disebabkan oleh Sindrom Kawasaki. Untuk mengatasi gangguan ini, diperlukan nutrisi harian yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Bila perubahan warna lidah ternyata disertai nyeri dan bengkak sehingga penderita mengalami kesulitan untuk makan atau berbicara mungkin ini sebagai pertanda glossitis, yaitu peradangan akibat infeksi, dehidrasi, reaksi alergi, dan lainnya. Untuk memastikannya, periksakan ke dokter.

2. Lidah Berwarna Ungu

Makan makanan yang terlampau dingin dapat menyebabkan lidah menjadi berwarna ungu. Namun, warna ungu pada lidah juga dapat menandakan adanya infeksi saluran napas seperti bronkitis kronis juga pertanda dari kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak konsumsi bawang putih dan jahe. Lidah yang berwarna ungu juga menjadi indikasi terjadinya demam dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika warna ungu merata pada lidah hal ini dapat menjadi pertanda bahwa organ tubuh bagian dalam mengalami overheat atau panas berlebih. Perubahan dapat diakibatkan penyakit liver.

3. Lidah Berwarna Kuning

Dalam pengamatan warna kuning pada lidah dapat menunjukkan adanya pembentukan ragi atau infeksi bakteri. Jika warna kuning ini bercampur dengan warna  hijau, maka infeksi bakteri telah parah. Adanya panas berlebiha dalam tubuh menjadi penyebab umum warna kuning pada lidah. Biasanya racun nikotin, makanan pedas, atau  stres yang berlarut-larut menjasi pemicu kenaikan suhu dalam tubuh.

4. Lidah Coklat

Melanoma atau kanker kulit dapat dideteksi melalui perubahan warna lidah yang menjadi kecoklatan. Jika warnanya semakin gelap, sebaiknya penderita segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Lidah berwarna Biru

Sirklulasi darah yang terhambat dan juga darah yang dingin dapat memunculkan warna biru pada lidah. Ketika warna biru ini tampak keunguan, artinya kondisi tubuh sudah demikian buruk.

6. Lidah Hitam

Hal ini perlu diwaspadai karena ketika warna lidah berubah menjadi hitam hal ini bisa dipicu oleh gejala diabetes, penggunaan antibiotik, atau kesehatan mulut yang buruk. Kemungkinan paling ringan adalah bercokolnya bakteri pada lidah, sehingga menimbulkan bercak hitam.

7. Bercak Putih Pada Lidah

Pada pengamatan pada lidah dapat timbul bercak putih akibat sariawan, dehidrasi, infeksi jamur oral, maupun leukoplakia (sel-sel permukaan lidah tumbuh secara berlebih). Tingkatkan asupan air dan jaga kebersihan mulut anda, untuk mengatasi masalah ini. Lidah berwarna putih juga kerap menjadi pertanda gejala tipus, flu, gangguan pada saluran cerna, atau anemia. Bila dalam pengamatan bercak putih tidak terlalu tebal, ini menunjukkan tubuh kekurangan darah. Warna lidah yang pucat dan timbul lapisan lemak, artinya tubuh mengalami kedinginan atau gejala flu. Yang sangat perlu diwaspadai adalah bercak putih yang tebal, kondisi ini dapat diakibatkan oleh gangguan reproduksi. Jika dalam 2 minggu bercak putih pada lidah tidak hilang, segera periksakan diri ke dokter. Bercak putih yang tidak hilang selama sebulan lebih dapat menunjukkan adanya kanker berbahaya.

 

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...