Home / Artikel Kesehatan / Rambutan, Si Manis Dengan 1001 Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan! Apa Saja?

Rambutan, Si Manis Dengan 1001 Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan! Apa Saja?

Sebagai orang Indonesia, Anda pasti sudah akrab dan familiar dengan yang namanya buah rambutan. Rambutan dikenal dengan buahnya yang manis dan segar. Ternyata, selain rasanya yang lezat, rambutan menyimpan banyak sekali manfaat luar biasa bagi tubuh Anda.

Apa saja? Yuk, simak.

1. Melembapkan kulit

Rambutan bisa membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Kandungan airnya yang tinggi melembapkan kulit Anda, sehingga membuatnya lembut, halus, dan kenyal. Karena kemampuannya untuk menghindari radikal bebas, tubuh Anda akan terhindar dari kerusakan oksidatif. Antioksidan yang kuat di dalam rambutan mampu memerangi kanker secara efektif.

2. Menjaga kesehatan rambut

Rambutan berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Daun rambutan yang dihaluskan mampu memberi nutrisi pada rambut Anda hingga ke akar. Caranya, ambil beberapa daun rambutan dan tumbuk sampai menjadi halus. Tambahkan sedikit air dan ambil ekstraknya. Oleskan campuran pada rambut dan kulit kepala Anda. Lakukan secara teratur untuk hasil optimal.

3. Meringankan kerja ginjal

Kandungan fosfor dalam rambutan membantu membuang ‘sampah’ yang ada di ginjal. Selain itu, fosfor juga sangat penting untuk perkembangan dan perbaikan jaringan dan sel tubuh. Rambutan juga mengandung sejumlah kalsium yang bekerja sama dengan fosfor untuk menguatkan gigi dan tulang.

4. Mencegah radikal bebas

Salah satu senyawa utama dalam rambutan adalah asam gali. Senyawa ini melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif dan ampuh melawan kanker.

5. Sumber zat besi

Rambutan merupakan sumber zat besi terbaik yang mampu membantu mengatur jumlah oksigen di dalam tubuh. Selain itu, rambutan juga menghindarkan Anda dari rasa pusing dan kelelahan karena anemia, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

6. Kaya akan serat

Rambutan memiliki kandungan serat yang baik dan rendah kalori. Buah rambutan bisa membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang cukup lama karena kandungan serat dan airnya yang tinggi, sehingga bisa mengendalikan rasa lapar yang tidak teratur. Selain itu, rambutan bisa menjaga keseimbangan berat badan Anda dan melancarkan pencernaan.

7. Membantu produksi sel darah merah dan putih

Buah rambutan mengandung sejumlah zat tembaga dalam jumlah sedang yang diperlukan untuk pembentukan sel darah putih dan merah. Rambutan juga mengandung mangan yang dibutuhkan untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...