Home / Artikel Kesehatan / Tanaman Ini Dapat Melancarkan Produksi ASI, Mengobati Bisul dan Eksim

Tanaman Ini Dapat Melancarkan Produksi ASI, Mengobati Bisul dan Eksim

Bayam mrupakan sayuran favorit keluarga Indonesia. Semua penjual sayuran pasti menjual sayur bayam. Bayam yang identik dengan manfaatnya yang membuat tubuh kuat karena dijadikan makanan Popeye dalam filem serial kartun anak-anak tempo dulu, sangat disukai anak-anak. Bayam memang tidak memiliki rasa khas yang menonjol layaknya kemangi ataupun sayuran hijau lainnya, rasanya yang netral membuatnya mudah diterima dan disukai anak maupun orang dewasa.

Dari bermacam-macam jenis bayam, Bayam duri juga telah dikenal oleh masyarakat, bayam yang maerupakan salah satu spesies dari genus Amaranthus ini memang berbeda dengan bayam secara umum karena teksturnya yang sedikit kasar dan pastinya berduri.

Bayam duri dapat ditemukan banyak tumbuh liar di pekarangan rumah dan kebun-kebun masyarakat. Banyak orang yang menganggapnya tanaman sepele, tak banyak yang mengetahui bahwa bayam duri memiliki banyak manfaat dan khasiat manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam sebuah wawancara dengan dr. Setiawan Dalimartha oleh majalah Trubus Agriwidya (1999) beliau menjelaskan bahwa bayam duri dapat bermanfaat untuk mengobati bisul yang keras, bagi ibu menyusui bayam duri dapat melancarkan pengeluaran ASI, juga dapat mengobati gusi yang bengkak berdarah, kutil, ekzema, luka bakar dan bekas gigitan ular berbisa.

Bila Anda atau orang di dekati Anda didapati mengalami gusi yang luka dan berdarah, cukup petik tanaman bayam duri secukupnya, lalu bakarlah menggunakan alas genteng, setelah mengeringdijadikan bubuk. Setelah jadi bubuk, oleskan pada bagian yang sakit.

Bisul sebenarnya penyakit yang cukup umum dan tak terlalu mengkhawatirkan, namun penyakit ini cukup mengganggu. Obati bisul menggunakan bayam duri ini, caranya yaitu ambil bayam duri segar secukupnya, cuci sampai bersih dengan air mengalir, lalu giling hingga halus. Setelah halus, campurkan dengan sedikit madu secukupnya, tempelkan pada bagian kulit yang terdapat bisul lalu dibalut atau diperban. Ganti perban dan ramuan dua kali sehari.

Bila Anda adalah seorang ibu menyusui, bukan hanya daun katuk yang dapat melancarkan produksi ASI, bila daun katuk sulit ditemukan Anda dapat menggunakan Bayam Duri untuk melancarkan produksi ASI. Caranya sangat mduah, ambil 1 batang bayam duri, cuci sampai bersih dengan air mengalir, lalu digiling hingga halus. Tempelkan ramuan ini  sebagai tapel disekitar payudara.

semoga bermanfaat!

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...