Home / Artikel Kesehatan / Wow.. Menstrual Cup Ini Adalah Terobosan Pengganti Pembalut/ Tampon Wanita Yang Sedang Haid, Amankah?
Wow.. Menstrual Cup Ini Adalah Terobosan Pengganti Pembalut/ Tampon Wanita Yang Sedang Haid, Amankah?
Wow.. Menstrual Cup Ini Adalah Terobosan Pengganti Pembalut/ Tampon Wanita Yang Sedang Haid, Amankah?

Wow.. Menstrual Cup Ini Adalah Terobosan Pengganti Pembalut/ Tampon Wanita Yang Sedang Haid, Amankah?

Kalo diingat-ingat nih para ladies, jaman nya nenek kita dulu yaa pas waktu mengalami  haid, jaman dulu belom ada tuh yang namanya pembalut, biasanya nenek atau ibu kita menggunakan kain bersih lalu dilipat lipat dan  dibentuk segi panjang and then disumpelin deh tu kain seperti saat kita pake pembalut sekarang ini. Nah baru baru ini ada terobosan baru nih ladies  untuk menggantikan pembalut , apakah itu ?? yaapp.. ini dia  cup menstrual alias tampon kecil kewanitaan . Fungsi cup ini cukup unik loh… yaitu menampung darah haid yang keluar dari kewanitaan kita, lalu beberapa jam setelah penuh kita bisa ambil dari dalam kewanitaan lalu kita buang deh tuh darah ke dalam closet. Mungkin kita sebagai orang Indonesia masih agak asing dengan cup  ini, tapi kalo diluar negeri rata rata udah menggunakan cup menstrual ini. Kira kira gimana cara pake nya yaa terus efek sampingnya ada gak ya? Penasaran ? Yuk simak penjelasan berikut…

Pada umumnya cup menstrual ini  dibagi menjadi dua yaitu untuk umur dibawah 30 tahun dan untuk umur diatas 30 tahun. Naah ada yang bertanya kalo cup ini apakah boleh digunakan bagi mereka yang masih perawan? Jawabanya boleh. Karena bisa digunakan sebelum menyentuh daerah selaput dara.

Dari survey para wanita di luar negeri terutama di Amerika serikat, para wanita mengatakan lebih nyaman menggunakan cup menstrual ketimbang pembalut, karena lebih praktis lalu menghemat sampah tentunya.

Lalu cara memakainya yaitu ambil cup lalu masukan ke dalam daerah intim dan pastikan ya ladies tempatnya benar benar udah pas, kalo gak pas darahnya malah netes kemana mana. Setelah cup penuh sekitar 12 jam gitu, baru deh buang isinya lalu bersihkan dengan sabun sampe bersih, atau cukup dicuci dengan air minum lalu pake lagi. Satu cup menstrual dibandrol  dengan harga sekitar 300 rb rupiah, dan bisa dipake sekitar 4 tahun loh. Hal ini pernah dibahas oleh Pakar kesehatan Jen Gunter, M.D, dari Kaiser Permanente San Fransisco yang menyebutkan kalau cup menstrual tidak mengakibatkan efek samping kesehatan dan  bisa digunakan hingga tiga sampai empat tahun dikutip laman doktersehat.com.

Bila cup udah selesai dipake maka cara membersihkanya yakni setelah dicuci, rebus  sekitar 5 sampai 10 menit dalam air mendidih lalu keringkan dan simpan, begitupula sebaliknya saat haid datang ambil cup lalu sterilkan dengan cara tadi. Naaah bagi kamu yang merasa ribet mau pake pembalut dan lain lain, mungkin penggunaan cup ini bisa kamu jadikan alternatif agar haid gak tembus sana sini yaa. Selamat mencoba. 😉

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...