Home / Artikel Kesehatan / Berbuka Puasa Dengan Jajanan Gorengan Ternyata Berbahaya
Berbuka Puasa Dengan Jajanan Gorengan Ternyata Berbahaya
Berbuka Puasa Dengan Jajanan Gorengan Ternyata Berbahaya

Berbuka Puasa Dengan Jajanan Gorengan Ternyata Berbahaya

Pada bulan puasa biasanya seringkali kita temui  lapak makanan berjejer disekitar pinggir jalan , tak jarang membuat  kita yang lagi puasa sering kali menjadi laper mata… apalagi kalo liat gorengan yang numpuk dan masih panas rasanya seperti memanggil manggil ya guys… belilah akuu… makanlah akuuu… 😀 akhirnya beli deh itu gorengan… oh iya ngomongin soal gorengan guys…. sebenarnya berbuka puasa dengan gorengan gak ada salahnya  tapi yang bikin keliru dan bisa mengancam kesehatan bila gorengan tersebut dikonsumsi terlalu banyak saat buka puasa..hal dibawah ini yang akan terjadi bila kita berbuka langsung dengan gorengan..

  • Tenggorokan Menjadi Gatal

Di dalam gorengan terkandung akrolein, apa itu? Yaitu senyawa yang terjadi akibat suhu panas dari minyak goreng yang melebihi titik asapnya. Hal ini bisa bikin  tenggorokan kita  gatal hingga menyebabkan batuk guys.

  • Gangguan Lambung

Kandungan lemak trans yang ada di gorengan juga bisa menyebabkan terlambatnya pengosongan lambung. Dan hal ini tentunya kurang baik buat pencernaan kita  yang baru saja berbuka puasa. Sebab, setelah 12-13 jam lambung kosong, tubuh kita butuh energi dari  makanan yang bergizi baik guys. Bila pengosongan lambung terhambat, akibatnya, kita pun merasa tidak lapar, dan membuat kita jadi  males makan makanan bergizi lainnya.

  • Berat Badan Makin Naik

Saat puasa, tubuh kita kehilangan karbohidrat, protein dan air, namun tidak untuk lemak guys. Oleh karena itu, bila kita memilih gorengan sebagai menu buka puasa, sama aja dengan menambah asupan lemak. Sedangkan lemak dari gorengan berasal dari golongan lemak jahat, yaitu lemak trans. Akibatnya, bukannya makin sehat karena berpuasa, kita  justru bisa berisiko terkena kegemukan guys.

  • Resiko Penyakit Jantung

Lemak trans pada minyak goreng yang dipake berulang kali saat memasak dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah sehingga berisiko menyebabkan terjadinya penyakit jantung guys.

  • Resiko Kanker

Seringnya kita beli gorengan dipinggir jalan  namun gorengan yang dijual di pinggir jalan belum tentu sehat. Karena selain mengandung bahaya lemak trans, terdapat pula reaksi minyak panas dengan wajan yang terbuat dari baja. Belum lagi nih ada  penambahan zat tambahan lainnya yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. 🙁

So kalo mau jajan gorengan pastikan kebersihan nya guys atau milih amannya mending bikin sendiri yaa, minyak goreng masih baru dan bening, meskipun gorengan dbuat sendiri tetap harus kontrol ya, kalo dimakan berlebihan juga gak akan membawa kebaikan bagi tubuh kita, makan gorengan sewajarnya aja, agar kita selalu sehat pada saat menjalan ibadah puasa sampai pada hari kemenangan. Semoga bermanfaat.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...