Home / Artikel Kesehatan / Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Digigit Ular Berbisa
Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Digigit Ular Berbisa
Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Digigit Ular Berbisa

Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Digigit Ular Berbisa

Guys.. pernah gak kebayang dipikiran kalian, ketika sedang melakukan camping di pegunungan, tiba tiba kalian dihadapkan pada situasi dimana teman kalian digigit ular berbisa? Hayooo pada ngapain coba? Yang pasti pada ambil pentungan kali ya buat gebukin ularnya, its oke ular udah keok.. lalu teman kalian gimana? Apa mau niru di pilem pilem kungfu pake acara sedot menyedot itu bisa nya? Yang  jelas rasa panik  pasti ada ya guys, tapi jangan biarkan rasa panik menguasai otak kita guys, cobalah untuk tenang dan lakukan hal berikut agar mencegah bisa ular tidak menjalar kemana mana .

Ambil minyak goreng satu sendok  makan, sobek kain sehingga dapat agak panjang, Gulung kain perca, kemudian celupin ujungnya kedalam minyak goreng. Lalu bakar bagian yang basah oleh minyak, biarkan beberapa saat sampai api menyala, kemudian cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit. Cambukkan pada luka sebanyak 8 atau 10 kali guys, jangan lebih dari 10 kali yaa, saking semangatnya ampe lupa aja sih guys 😀 ,  kenapa gak boleh lebih dari 10 kali? Kalo kelamaan malah menyebabkan luka bakar guys. Sebagai contoh kasus nih… misalkan digigit di tangan oleh ular berbisa maka posisi tangan harus turun kebawah gak boleh diangkat keatas karena demi mencegah bisa si ular menyebar cepat ke jantung. Sedangkan kalo digigit ular yang tidak berbisa maka harus diangkat ke atas agar mencegah pendarahan ya guys.

Bila kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan alias kejauhan menuju rumah sakit, maka lakukan bedah kecil   alias membuat sayatan luka baru dengan berbekal peralatan yang ada, contohnya pisau tapi bersihkan dahulu pisaunya ya. Ini penting banget guys untuk mengeluarkan darah yang sudah terkontaminasi dengan bisa, setelah disayat, luka gigitan harus di tekan-tekan agar darah didorong  keluar. Opsi lainya yakni  dapat menggunakan alat ekstraktor atau bisa juga  menggunakan air panas agar saat ditekan darah yang berwarna kehitaman dapat keluar dengan mudah.  3 metode tadi akan sakit banget bagi si korban, jadi harus kuat menahan sakit.

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi  ular yang menggigit itu berbisa atau tidak ? Perhatikan bentuk gigitan nya guys, jika bentuknya seperti tapal kuda atau dengan titik-titik luka yang banyak, itu artinya ular tidak berbisa. Sedangkan bila berbisa maka bentuk gigitan hanya ada dua titik, karena ular yang berbisa itu taringnya hanya 2 dan di itu letaknya di atas.

Setelah melakukan pertolongan pertama tadi, maka tetap harus pergi ke rumah sakit, karena biasanya efek dari digigit ular meskipun darah hitamnya sudah dikeluarkan, si korban akan mengalami bengkak dan sakit yang amat sangat pada bekas luka gigitan, lalu  disertai dengan demam tinggi. Itulah sebabnya kenapa harus kerumah sakit tujuannya agar si korban  mendapatkan  perawatan lebih lanjut. Semoga bermnafaat.

Check Also

Kupas Tuntas Pemakaian Garam Untuk Meruqyah

  Berkaitan soal Garam ini  dalam buku karya ustad Musdar tambusai , berjudul Ensiklopedia jin ...

...