Home / Artikel Kesehatan / Luar Biasa! Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
Luar Biasa Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
Luar Biasa Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Luar Biasa! Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai seorang muslim menjalan puasa di bulan ramadan merupakan kewajiban ya guys, dan itu adalah salah satu bagian dari ibadah agar semakin menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Tau gak sih guys… kalo  ternyata di balik ibadah tersebut  menyimpan keistimewaan dan memberi  manfaat bagi kesehatan tubuh kita secara fisik maupun kesehatan secara mental. Karena dengan berpuasa ternyata  memberikan ruang isitrahat bagi organ saluran pencernaan kita guys. Selain itu juga memberikan dampak bagi kesehatan mental karena mampu meningkatkan kesehatan secara emosional. Karena saat puasa tubuh mampu mengeluarkan bahan kimia yang mampu melindungi otak dan meningkatkan mood. Selain itu masih banyak loh guys.. manfaat yang bisa kita ambil dari berpuasa..panasaran? Yuk ah langsung aja scroll kebawah.

  • Dengan berpuasa bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita. Berdasarkan penelitian ketika tubuh berpuasa maka akan terjadi peningkatan limfosit bahkan hingga sepuluh kali lipat. Sel T pada tubuh mengalami peningkatan meskipun sel darah putih tidak berubah hal ini sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah dan kesehatan jantung guys.
  • Membuat jantung kita menjadi lebih sehat. Pada saat tubuh berpuasa tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga bisa meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) yang sudah pasti sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung.
  • Memperbaiki kinerja sel dalam tubuh. Saat menjalani puasa, tubuh kita mampu membentuk sel baru dan membersihkan lemak yang menggumpal pada bagian organ hati guys. Saat puasa terdapat sel-sel dalam tubuh yang mati namun banyak pula yang tumbuh lebih banyak lagi.

Itu tadi manfaat secara umum ya guys..maksudnya ,masih disekitar organ tubuh kita, lalu bagaimana nih manfaat secara batin atau mental? Simak penjelasan berikut.

  • Dengan berpuasa maka akan  kecemasan maupun depresi akan berkurang. Hal ini disebabkan ketika berpuasa tubuh mampu melepaskan endorfin jauh lebih banyak ke otak. Inilah yang mampu memberikan perasaan bahagia. Sehingga jauh lebih rileks dan damai ketika menjalankan puasa. Termasuk tidur pun jauh lebih nyenyak. Karena lebih tenang dan damai.
  • sakit kepala atau migrain akan hilang. Dengan berpuasa tubuh kita mampu meningkatkan serotonin pada otak sehingga memberikan rasa bahagia dan santai serta jauh dari migrain. Selain itu juga mampu meningkatkan perubahan kualitas yang lebih baik pada otak sehingga pikiran akan lebih jernih dan yakin dalam menentukan keputusan.
  • Berpuasa dapat menurunkan berat badan. Ini disebabkan karena adanya perubahan pola makan kita guys, sehingga  menjadikan  kadar gula darah ikut turun. Tapi  hal ini juga bukan jaminan ya guys bakal turun itu berat badan, karena tergantung juga nih dengan pola makan kita pada saat kita berbuka puasa, kalo pas buka puasa ,makanya gak aturan kaya orang bales dendam yaa…itu sih bukan turun berat badan nya guys.. yang ada malah naik naik tinggiii tinggi sekalii. Jadi intinya kalo buka puasa yang wajar aja ya guys.. jangan berlebihan.

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari ibadah puasa yang kita jalankan, Semoga amal ibadah puasa kita semua dapat diterima ALLAH SWT. aamiin.

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...