Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan Ramadhan sebelum fajar. Makanan yang dimakan saat sahur akan dijadikan cadangan energi dari shubuh hingga maghrib.  Sehingga penting sekali bagi kita  memilih makanan yang mampu memberi energi cukup untuk menjalankan puasa.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk sahur sehat. Yuk, simak.

1. Makan makanan pokok yang tinggi karbohidrat

Makanan sahur harus kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Konsumsilah makanan kaya serat seperti roti gandum, sereal berserat tinggi, gandum, buah-buahan, dan sayuran. Ini akan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan membantu menjaga kadar glukosa darah tetap stabil.

Usahakan juga memasukkan makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, susu, telur atau yoghurt saat sahur. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan bisa membantu Anda tetap kenyang dalam waktu lama saat Anda berpuasa.

2. Minum banyak air

Anda harus minum sebanyak mungkin air di waktu sahur. Selain itu, Anda juga harus minum air sebanyak mungkin pula setelah berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini agar tubuh Anda bisa terhindar dari dehidrasi keesokan harinya.

3. Makan beberapa kurma

Memang, kurma adalah sumber energi yang efektif karena merupakan sumber gula, serat, karbohidrat, potasium, dan magnesium. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya satu kurma setiap sahur.

4. Jangan berlebihan dan jangan turuti ‘godaan’

Sahur bukanlah alasan bagi Anda untuk berpikir: ‘sebelum puasa, saya akan makan apapun yang saya mau!’, lho. Anda haru menahan godaan untuk makan makanan seperti makanan pedas atau  berlemak, meskipun Anda sangat menginginkannya. Makanan yang tak baik untuk kesehatan harus dihindari karena hanya akan membuat Anda haus dan mengganggu pencernaan.

Jika Anda sangat bergantung pada kopi, Anda harus menghindari minuman berkafein sebanyak mungkin. Kafein bersifat diuretik sehingga memakannya akan memicu tubuh kehilangan air. Bila menghentikan konsumsi kafein Anda tiba-tiba, Anda dapat mengalami efek samping berupa sakit kepala dan perubahan mood. Anda bisa mengurangi konsumsi kafein secara bertahap.

5. Jangan tidur!

Tidur setelah sahur bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika melakukan proses pencernaan, asam lambung kan meningkat. Bila makanan dalam lambung tidak tercerna dengan sempurna, asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung. Sehingga muncullah gejala nyeri di sekitar ulu hati atau perut kiri atas. Anda juga bisa merasakan panas di bagian dada. Inilah mengapa tidur setelah sahur dinilai berbahaya bagi kesehatan menurut para ahli.

Selamat berpuasa!

Semoga bermanfaat.

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...