Home / Artikel Kesehatan / 5 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Wanita Hamil

5 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Wanita Hamil

Menjaga tubuh terhidrasi selama kehamilan sangat penting. Ibu hamil sangat disarankan untuk membiasakan minum satu atau dua gelas air kelapa setiap hari. Namun, hindari minuman versi kalengan. Air kelapa segar dan asli jauh lebih baik untuk diri sendiri dan bayi Anda, karena tidak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya.

Berikut adalah manfaat minum air kelapa bagi wanita hamil.

1. Mencegah Sembelit

Konstipasi/sembelit adalah masalah yang umum selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena tingkat progesteron meningkat dalam tubuh. Kandungan serat dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk mengobati sembelit semasa kehamilan.Serat dapat membuat saluran usus tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Selain itu, air kelapa asli bekerja sebagai obat cuci perut (laksatif) alami yang bisa membantu menjaga kesehatan usus Anda.

2. Mencegah “Heartburn” Alias Naiknya Asam Lambung

Selain sembelit, heartburn atau gejala utama penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) ini juga sangat umum terjadi selama kehamilan. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormonal dan tekanan pada perut dari rahim. Obat sakit maag tidaklah dianjurkan selama kehamilan karena bisa berefek terhadap janin, sehingga Anda bisa mecegah masalah perut ini dengan air kelapa.

Minum air kelapa menurunkan kadar asam lambung di perut, sehingga mampu mengatasi gangguan pencernaan dan maag saat hamil.

3. Mencegah Dehidrasi

Karena morning sickness dan muntah, wanita hamil beresiko tinggi mengalami dehidrasi. Anda bisa mencegah dehidrasi dengan air kelapa. Air kelapa memiliki asam amino dan enzim sehat lainnya yang membantu melawan dehidrasi dan kelelahan. Hal ini sekaligus membantu meringankan mual dan muntah saat mengalami morning sickness.

Selain mengurangi energi hingga Anda cepat lelah, dehidrasi menurunkan elastisitas kulit. Akibatnya, stretchmark yang ditimbulkan lebih menonjol setelah masa kelahiran bayi.

Untuk itu, rutinlah konsumsi rasa manis khas air kelapa. Banyak yang mengatakan bahwa rasa air kelapa lebih nikmat daripada air biasa atau minuman isotonik dalam kemasan. Anda bisa buktikan.

4. Kaya Akan Potasium

Salah satu nutrisi utama dalam air kelapa adalah potasium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolitik tubuh dan memastikan pertumbuhan janin optimal. Kandungan ini juga dapat membantu mencegah kram dan edema kaki selama kehamilan.

Karena air kelapa memiliki jumlah potasium yang baik, minum segelas setiap hari akan memastikan bahwa Anda tidak kekurangan jumlah nutrisi harian yang disarankan.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah Anda. Hal ini terutama disebabkan oleh kandungan potasium dan magnesium di dalamnya. Kalium mengikat garam dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Tingkat natrium yang lebih rendah dalam darah dapat menurunkan tekanan darah.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Pahami Dosis Dan Cara Pakai Habbatussauda Agar Efek Kesembuhan Maksimal

Habbatussauda atau Jintan hitam merupakan ramuan herbal yang mudah dijumpai di India, Meksiko dan negara-negara ...

...