Home / Artikel Kesehatan / 5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari zat purin yang dipecah menjadi asam urat. Asam urat ini setiap harinya dikeluarkan dari tubuh kita lewat ginjal. Apabila jumlah asam urat yang diproduksi lebih besar daripada yang dibuang maka sisanya akan tertimbun di dalam dan juga didaerah sekitar sendi, asam urat tertimbun dan membentuk kristal, kristal ini bentuknya tak halus melainkan kasar dan tajam dengan natrium urat didalamnya. Pembentukan juga akumulasi dari kristal- kristal asam urat ini terjadi selama bertahun-tahun tanpa kita menyadarinya.

Gejala umum asam urat antara lain:

1. Nyeri Sendi Kaki

2. Jempol Kaki Sakit

3. Perasaan Kaki Terbakar

4. Muncul Jaringan Mengeras pada Sendi

Berikut adalah 5 ramuan terkuat untuk mengatasi asam urat yang patut anda coba.

1. Sidaguri

Sidaguri tinggi akan kandungan alkaloid, asam amino, kalsium oksalat, saponin, minyak atsiri, tannin, zat phlegmatic untuk ekspektoran, lubrikan dan fenol. Akar Sidaguri mengandung zat berkhasiat lain seperti;  steroid, aphredine, dan alkaloid. Kandungan zat dalam akar Sidaguri punya khasiat untuk meredakan peradangan, meluruhkan kencing, dan menghilangkan nyeri.

Cara membuat Ramuan obat asam urat dari Sidaguri:

15 gram Akar Sidaguri direbus dengan 3 gelas  air. Biarkan mendidih sampai air dalam panci tersisa separuhnya. Setelah dingin, minumlah air rebusan tadi sebanyak ½ gelas setiap hari di waktu pagi, siang, dan malam.

2. Bidara

Kandungan zat berkhasiatnya adalah senyawa aldehid, alkane, flavanoid, keton, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium. Zat-zat ini diketahui memiliki manfaat untuk mengobati asam urat.

Cara membuat ramuan obat asam urat dari Bidara:

Petik 10 gram daun Bidara segar, tambahkan 10 gram Temulawak, 1 gram Buah Lada, dan 9 gram Komfrey kemudian direbus sampai mendidih dalam 5 gelas air.  Biarkan mendidih dan air berkurang 2 gelas. Sebaiknya ninum ramuan obat asam urat alami ini setiap hari sewaktu pagi, siang, dan menjelang tidur malam.

3. Daun Kumis Kucing

Kumis kucing biasanya dikenal manfaatnya untuk menghancurkan batu pada saluran kencing, Kumis kucing memiliki sifat Diuretik yang mampu melarutkan Asam Urat dalam tubuh lewat kencing.

Cara membuat ramuan obat asam urat dari Kumis Kucing

20 gram daun Kumis Kucing segar dengan 20 gram Daun Meniran, bersama sekitar 20 gram daun Sawi, 30 gram Jahe Merah, dan juga 10 gram Daun Kapulaga yang kering. Jadikan kesemua bahan dalam panci tambahkan jahe merah yang telah ditumbuk halus. Kemudian rebuslah campuran tadi dalam 1 liter air sampai mendidih. Setelah air berkurang setengah, matikan api.  Minumlah ramuan alami obat asam urat tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Daun Salam

Daun Salam kaya akan senyawa flavonoid, tannin, dan minyak atsiri yang berkhasiat bagi tubuh.

Cara membuat ramuan obat asam urat dari Daun Salam

Sebanyak 17 lembar Daun Salam direbus dalam 3 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih, dan airnya menyusut hingga segelas saja. Minumlah ramuan ini pada pagi dan malam hari.

5. Kayu Manis

Rebuslah dalam kuali,  kapulaga, cengkih, jahe merah, kayu manis, biji pala, dan lada, biarkan mendidih hingga air menyusut sampai setengahnya, saring lalu diminum ramuan tadi.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...