Home / Artikel Kesehatan / 7 Makanan Tinggi Kandungan Air Ini Bisa Buat Anda Sehat dan Awet Muda

7 Makanan Tinggi Kandungan Air Ini Bisa Buat Anda Sehat dan Awet Muda

Seperti yang sering dianjurkan oleh para dokter dan ahli sejak dulu, Anda sebaiknya minum delapan gelas air putih atau lebih dalam sehari. Pada awalnya, melakukan hal tersebut dengan rutin memang berat. Bisa-bisa perut terasa kembung lantaran banyak minum. Namun, siapa yang tahu bahwa ternyata mineral dan air tidak hanya bisa didapat dari minum saja? Anda juga bisa makan air. Bagaimana caranya?
Sekitar 20% asupan H2O harian berasal dari makanan, khususnya buah dan sayuran. Minum banyak air tentu saja penting, tetapi makan buah dan sayuran yang kaya mineral tak kalah penting dalam menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Berikut adalah buah dan sayuran yang tinggi kandungan air dan mesti rajin dikonsumsi.

1. Mentimun


Kandungan air: 96,7%
Siapa sangka? Mentimun menduduki peringkat tertinggi pada daftar makanan yang kaya akan kandungan air. Mentimun sangat cocok dijadikan bahan salad, atau diiris dan disajikan dengan beberapa makanan. Selain itu, Anda juga bisa membuat jus mentimun untuk diminum di hari-hari yang panas.

2. Selada

Kandungan air: 95,6%

Tahukah Anda? Meski sering digunakan sebagai penghias sajian makanan saja, faktanya selada memiliki peran yang lebih daripada itu bila rutin mengonsumsinya. Selada bisa membuat tingkat kandungan air yang ada dalam tubuh kita tetap terjaga, sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Anda bisa gunakan selada dalam burger, salad, sup, ataupun sandwich.

3. Seledri

Kandungan air: 95,4%

Seperti sayuran lain yang tinggi kadar airnya, seledri memiliki kalori yang sangat sedikit – hanya 6 kalori per tangkai. Meskipun demikian, bukan berarti seledri minim nutrisi. Seledri bahkan mengandung folat, vitamin A, C, dan K. Dan berkat kandungan airnya yang tinggi, seledri mampu menetralkan asam lambung dan sering dianjurkan sebagai obat alami untuk masalah asam lambung.

4. Tomat


Kandungan air: 94,5%
Irisan dan potongan dadu tomat selalu menjadi andalan dalam menu salad. Selain itu, Anda bisa membuat saus sendiri dengan tomat yang dihaluskan. Jus tomat juga tak kalah baik dalam menjaga Anda tetap terhidrasi. Jadi, rutinlah mengonsumsi tomat untuk menjaga kadar air dalam tubuh Anda.

5. Kembang kol

Kandungan air: 92,1%

Selain tinggi kandungan air, kembang kol ini juga berisi vitamin dan fitonutrien yang telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dan melawan kanker, termasuk kanker payudara. Sebuah studi tahun 2012 tentang pasien kanker payudara oleh para periset di Vanderbilt University menemukan bahwa mengonsumsi sayuran seperti kembang kol dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit ini.

6. Semangka

Kandungan air: 91,5%

Cukup jelas bahwa buah semangka penuh dengan kandungan air. Namun buah segar ini juga kaya akan kandungan likopen, antioksidan, dan anti-kanker yang baik untuk tubuh. Bahkan, semangka mengandung lebih banyak likopen daripada tomat mentah. Semangka mengandung sekitar 12 miligram per irisan, sementara  tomat hanya mengandung 3 miligram likopen di dalamnya.

7. Bayam

Kandungan air: 91,4%

Selada memiliki kandungan air yang lebih tinggi, tapi bayam tak kalah baik. Tambahkan saja daun bayam mentah dalam sandwich atau salad Anda. Bayam kaya akan lutein, potasium, serat, dan folat penguat otak. Beberapa helai daun bayam mentah mengandung 15% asupan vitamin E harian serta antioksidan yang penting untuk melawan molekul perusak yang dikenal sebagai radikal bebas.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...