Home / Artikel Kesehatan / Agar Tidak Banyak Muncul Ruam Inilah Cara Ampuh Mengatasi Cacar Air Pada Orang Dewasa
Agar Tidak Banyak Muncul Ruam Inilah Cara Ampuh Mengatasi Cacar Air Pada Orang Dewasa
Agar Tidak Banyak Muncul Ruam Inilah Cara Ampuh Mengatasi Cacar Air Pada Orang Dewasa

Agar Tidak Banyak Muncul Ruam Inilah Cara Ampuh Mengatasi Cacar Air Pada Orang Dewasa

Kali ini saya akan berbagi cerita perihal cacar air, kebetulan semingggu yang lalu anak saya yang paling kecil terkena cacar air guys, nah pada saat itu saya mulai  mengingat kembali ke masa kecil, perasaan saya juga belum pernah kena cacar air deh, jadi sempat terlintas waah bakal kena cacar air pula nih mama nya, dalam hati udah ngomong gitu, secara yang ngerawat in anak saya adalah saya sendiri, dan akhirnya benar saja guys… selang 3 hari si kecil udah mulai masa pemulihan… giliran saya nya mulai meriang, kepala pusing selama dua hari. Pada saat hari ketiga setelah meriang pada malam harinya … ketika saya  mau mandi mulai deh tuh muncul vesicle merah merah di area dada dan perut saya, kali ini saya gak setenang saat menghadapi si kecil yang terkena cacar air, Kenapa? Karena menurut dokter dan teman teman saya yang pernah kena cacar air diusia dewasa … kondisi nya akan lebih parah guys… kebayang gak gimana paniknya? mana mikirin anak belom sembuh betul, udah kebayang kondisi saya bakal lebih parah dari si kecil. Satu jam setelah muncul vesicle ditubuh saya kira kira ada 8 biji yang baru keluar, saya inget kata dokter kalo ibu kena cacar air pada saat muncul pertama kali vesicle ditubuh segeralah minum acyclovir tablet jangan lebih dari 24 jam. Akhirnya say beli deh itu acyclovir di apotek terdekat rumah. Setelah saya dapat obat acyclovir tablet yang per biji nya 400mg, tanpa banyak mikir saya minumin 2 tablet sekaligus.. total berarti 800 mg yang sudah masuk kedalam tubuh saya. Sore hari pukul 16:00 wib saya langsung ke dokter guys… supaya bisa konsultasi tentang obat yang saya minum. Terhitung mulai siang sampai sore.. ruam ditubuh saya gak bertambah guys.. masih dalam jumlah 8 vesicle.

Setelah bertemu dokter .. si dokter nanya mulai kapan keluarnya? lalu saya jawab mulai siang jam 11 tadi dok, lalu si dokter tanya udah minum obat apa aja hari ini? dan saya jawab udah minum 800 mg acyclovir dok, lalu si dokter senyum dan bilang… bagus… lalu si dokter menulis resep dan bilang obat yang dirumah saya tambahin dengan resep yang sama yaitu acyclovir juga, ibu minum acyclovir setiap 4 jam sekali ya.. jadi 800 mg x 4 dalam sehari, dan harus diminum sampe habis selama 5 hari, dan saya berikan salep nya ya.

Sesampainya dirumah yang saya lakukan adalah  sesuai anjuran dokter aja guys minum obat teratur dan olesin salepnya  dengan rajin. Hari kedua vesicle saya  bertambah kali ini diwajah ada 3, di paha ada 3, dipunggung ada 3. Sempat makin panik .. jangan jangan obatnya gak kerja nih.. belom lagi gatel nya yang amat sangat guys.. tapi tetep saya lakukan yang dokter bilang, yaitu  tetap mandi pake detol..lalu oleskan selep  and minum obat secara teratur dan yang paling penting adalah makan yang bergizi..karena pada saat terkena cacar .. daya tahan tubuh penderita lah yang menentukan… kalo daya tahan tubuhnya semakin kuat maka vesicle akan sedikit keluarnya, sebaliknya kalo daya tahan tubuh lemah.. meskipun diminum in acyclovir vesicle akan tetap muncul dalam jumlah yang gak sedikit. Jadi segala upaya udah saya lakukan untuk  menjaga daya tahan tubuh agar kuat.. mulai minum imbos, minum madu, makan buah dan sayuran hijau..istirahat cukup. Hari ketiga vesicle saya tidak bertambah… dan tetap dalam jumlah yang sedikit. Dari situ saya makin rajin olesin salep dan kalo pas gatel cukup saya kasi bedak caladin mentol atau calcyl.. lumayan membantu guys… gatelnya berkurang. Hari ke empat vesicle berubah warna mulai gelap tidak semerah seperti awal muncul dan gatal nya mulai berkurang. Hari kelima vesicle mulai mengkerut dan cairan didalamnya tidak bergelembung lagi tapi mulai mengempes guys.. dan totaly tidak ada rasa gatal lagi. Hari ke enam vesicle menghitam ini khusus yang didaerah perut ya guys… karena ukuran nya lumayan besar.. sedangkan yang diwajah dan dipaha dan punggung tiba tiba kempes sendiri dan semakin pudar dan tidak kelihatan  ( seperti mengurungkan diri untuk tidak membentuk gelembung, jatohnya akhirnya bentuknya seperti digigit nyamuk). Hari ke tujuh.. saat mandi si vesicle hilang artinya keropeng hitam seperti borok itu rontok sendiri guys.. sehingga vesicle diperut dan dada saya hanya seperti bekas luka yang sudah kering seperti putih putih gitu. Sedangkan vesicle yang ada diwajah dan punggung, paha..totally hilang tak berbekas.

Dari artikel yang saya tulis ini saya ingin berbagi pengalaman agar ..kalian  pada saat udah dewasa yang  baru terkena cacar air … tidak perlu panik ya guys…cukup lakukan tindakan yang tepat  agar virus tidak menyebar keseluruh tubuh. Dari rangkuman diatas kalo mau di persingkat yang perlu dilakukan adalah :

  • Pada saat muncul vesicle / ruam merah pertama kali, segeralah minum acyclovir.. jangan menunggu lebih dari 24 jam sejak ruam pertama muncul. Hal ini akan membantu mencegah penyebaran virus keseluruh tubuh, ruam nya pun gak akan keluar banyak guys.
  • Segera ke dokter agar dikasi resep acyclovir oral , biasanya dokter akan memberi obat acyclovir untuk dewasa 800mg  x 4 sehari , ada juga yang 5 x sehari. Diminum selama 5 hari sampe habis.
  • Konsumsi makanan yang bergizi, bagi yang punya alergi hindari sea food, karena bisa menambah buruk keadaan.
  • Minum vitamin , suplemen , madu agar daya tahan tubuh jadi kuat, semakin kuat daya tubuh kamu maka bentol bentol akan sedikit yang keluar. semakin kamu lemah .. maka bentol vesicle juga akan banyak keluarnya. ( daya tahan tubuh adalah penentu tingkat kesembuhan cacar )
  • Rajin rajin olesin salep
  • Kalo terasa gatal taburin bedak salicyl atau caladin menthol.. hal ini bakal membantu banget mengurangi rasa gatal.
  • Harus tetap mandi, tapi bagi yang masih demam sabaiknya jangan mandi dulu. Tunggu sampai benar benar tidak demam lagi .. barulah mandi, karena dengan mandi ..dapat mencegah bakteri masuk dalam tubuh sehingga keadaan tubuh tidak makin parah.
  • Jangan lupa berdoa kepada ALLAH SWT agar tidak diberi keadaan cacar yang parah.

Selamat berjuang 🙂

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...