Home / Artikel Kesehatan / Ini 9 Khasiat Tanaman Kecipir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini 9 Khasiat Tanaman Kecipir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kecipir adalah salah satu macam tanaman rambat yang dapat ditemui di Indonesia. Sama halnya dengan pohon kelapa, seluruh bagian tanaman kecipir mulai dari akar hingga daun ternyata bisa diambil manfaatnya, lho.

Berikut adalah khasiat hebt tanaman kecipir yang jarang diketahui.

1. Anti-Penuaan Dini

Buah kecipir kaya akan vitamin C dan vitamin A. Kedua vitamin tersebut bekerja sebagai antioksidan. Kedua vitamin ini juga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada kulit.

2. Membuat Kulit Kenyal dan Awet Muda

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam kecipir bisa membuat kulit Anda kenyal dan tampak awet muda.

3. Rendah Kalori

Kacang kecipir sangat rendah kalori. 100 gram porsi kacang kecipir mentah (yang belum diolah) mengandung sekitar 49 kalori. Inilah mengapa kacang kecipir bisa dijadikan camilan bagi Anda yang sedang berdiet.

4. Kaya Vitamin C

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kacang kecipir sarat akan Vitamin C. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap banyak infeksi. Ini juga membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan melindungi tubuh dari kanker.

5. Mengandung Banyak Mineral Dan Vitamin

Kecipir juga mengandung sejumlah mineral penting, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, dan magnesium. Kecipir juga mengandung banyak vitamin A yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah kerusakan DNA. Selain itu, kecipir juga mengandung Vitamin B. Vitamin ini penting dalam meningkatkan vitalitas, mood, dan energi. Vitamin E juga ditemukan pada minyak tak jenuh yang berasal dari kacang kecipir.

6. Sumber AsamFolat

Kecipir juga merupakan sumber folat yang kaya, yang merupakan komponen penting untuk sintesis DNA dan pembelahan sel. Pada wanita, kandungan folat yang cukup dalam makanan semasa kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.


7. Mengandung Protein Tinggi

Dari segi kuantitas dan kualitas protein, biji kecipir sama baiknya dengan kedelai! Studi telah menunjukkan bahwa seperti banyak kacang polong lainnya, bila dikombinasikan dengan jagung, kecipir memiliki kandungan protein susu yang cukup tinggi.

8. Mengandung Lemak Sehat

Tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan kita. Ada sesuatu yang disebut lemak baik, dan itu penting sekali bagi tubuh kita. Biji kecipir mengandung berbagai macam lemak jenuh, lemak jenuh mono, dan lemak tak jenuh ganda, yang semuanya bekerja sama untuk menyehatkan tubuh Anda.

9. Kaya Akan Kalsium

Kecipir juga kaya akan kalsium dan fosfor. Kandungan tersebutlah yang membantu Anda dalam membangun jaringan tulang yang kuat dan juga membangkitkan energi yang hilang.


Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...