Home / Artikel Kesehatan / Jangan Remehkan! Sariawan Ternyata Bukan Karena Kurang Vit. C Saja, Tetapi Juga 7 Faktor Berikut Ini

Jangan Remehkan! Sariawan Ternyata Bukan Karena Kurang Vit. C Saja, Tetapi Juga 7 Faktor Berikut Ini

Sariawan adalah salah satu penyakit luar yang amat menyiksa. Makanan dan minuman lezat sekali pun jadi tidak nikmat dirasa. Kita sering mendengar bahwa penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C.

Namun, tahukah Anda bahwa faktor terserang sariawan bukan hanya itu? Sariawan tidak hanya disebabkan oleh kurangnya vitamin C dalam tubuh. Penyebab sariawan adalah jamur bernama Candida albicans. Jamur tersebut biasanya berada di dalam mulut, namun dalam jumlah yang kecil. Meningkatnya jumlah Candida albicans yang siginifikan bisa mengakibatkan sariawan.

Apa saja faktor penyebab sariawan selain kurang vit. C?

1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga baik

Mulut yang tidak bersih bisa memicu meningkatnya jamur Candida albicans. Salah satu cara menjaga kebersihan mulut yaitu dengan rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, sehingga mencegah munculnya bakteri dan jamur dalam mulut.

2. Sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang menurun

Sistem kekebalan tubuh menurun juga bisa menjadi penyebab Anda terkena sariawan. Perbaikilah pola makan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

3. Efek penggunaan obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan berbahan kimia tertentu bisa menjadi penyebab timbulnya jamur Candida albicans. Misalnya penggunaan antibiotik atau kortikosteroid.

4. Sakit gigi

Saat sakit gigi, terdapat banyak bakteri pada gigi yang terserang sehingga dapat menginfeksi. Infeksi tersebut bisa menyebar pada gusi, langit-langit mulut, maupun bibir. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan gigi.

5. Penggunaan gigi palsu

Beberapa orang mungkin memang membutuh gigi palsu sebagai pengganti gigi yang copot pun keropos. Akan tetapi, pemakaian gigi palsu dapat menjadi faktor penyebab sariawan pula. Gigi palsu dapat menyebabkan sariawan bila ukurannya tidak pas sehingga sering menggores bagian dalam dinding mulut sehingga timbul sariawan.

6. Penggunaan kawat gigi

Sama halnya dengan gigi palsu, kawat gigi bisa menyebabkan sariawan jika terpasang tidak semestinya. Saat mengunyah makanan, kawat gigi bisa menggesek bagian dalam bibir Anda sehingga menyebabkan sariawan.

7. Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab sariawan yang sering diremehkan. Bahan kimia yang ada di dalamnya bisa merusak mulut. Selain itu, merokok jangka panjang juga bisa berakibat fatal bahkan berujung kepada kematian.

Semoga bermanfaat.

 

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...