Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Minum Air Es Saat Haus Ternyata Bisa Membawa Dampak Buruk Untuk Kesehatan Anda, Mengapa?

Minum Air Es Saat Haus Ternyata Bisa Membawa Dampak Buruk Untuk Kesehatan Anda, Mengapa?

Minum air dingin, terutama di udara yang sedang panas, memang meberikan sensasi surgawi di kerongkongan yang kering. Dalam hitungan detik, rasa haus yang sedari tadi menyerang bisa lenyap begitu saja. Tapi, pernahkah Anda memikirkan bagaimana hal itu bisa membahayakan tubuh Anda? Setelah membaca ini, Anda akan mulai membatasi konsumsi air kala haus melanda di siang bolong.

Berikut adalah ulasannya.

Apa Efek Minum Air Dingin?

Saat Anda minum minuman dingin, pembuluh darah Anda menyusut, kerja pencernaan Anda menjadi terbatas, dan hidrasi tubuh terhambat. Alih-alih bekerja untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi untuk menciptakan energi, tubuh Anda malah mengeluarkan energi untuk mengatur suhu tubuh setelah Anda minum air es. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya/berkurangnya kadar air dalam tubuh.

Selain itu, minum air dingin juga mempengaruhi penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah terkena penyakit. Ketika mengonsumsi air es, air tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Hal ini menyebabkan rasa haus yang berlebihan setelahnya. Inilah mengapa setelah minum air es, Anda jadi sering buang air kecil. Hal itu menunjukkann bahwa air es tidak terserap sepenuhnya ke dalam tubuh, sehingga tubuh menginginkan lebih banyak cairan lagi dan lagi.

Oleh sebab itu, minum air dingin tidak dianjurkan oleh pakar-pakar kesehatan. Ia hanya mengatasi dahaga sesaat saja, tetapi tidak menyelesaikannya.

Lantas, apa yang sebaiknya Anda minum?

Tentu saja jawabannya adalah air bersuhu normal/ruang.

Apa Manfaat Air Bersuhu Normal?

Berikut beberapa manfaat dari minum air dengan suhu kamar :

  • Mempercepat dan melancarkan proses hidrasi tubuh
  • Merangsang enzim pencernaan alami, sehingga meningkatkan kerja sistem pencernaan
  • Mengurai makanan lebih mudah
  • Melancarkan kerja usus (air hangat dan lemon tiap pagi sangat baik untuk yang satu ini!)
  • Melancarkan proses detoksifikasi alami tubuh melalui kulit, ginjal, dan sistem limfatik

Begitu Anda terbiasa minum air bersuhu kamar atau lebih hangat, Anda akan melihat adanya peningkatan dramatis dalam kerja sistem pencernaan Anda.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Resep Ramuan Temu Hitam Yang Manjur Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Seorang Ibu akan dibuat kelimpungan jika mendapati anaknya tak mau makan. Berbagai cara akan dilakukan ...

...