Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Pengobatan Herbal Untuk Asma

Pengobatan Herbal Untuk Asma

Asma merupakan suatu penyakit jangka panjang atau dengan kata lain kronis yang menyerang saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan atau inflamasi dinding rongga pernapasan yang dapat mengakibatkan penyempitan saluran napas dan menimbulkan seseorang sulit untuk bernapas. Gejala lain yang dialami oleh penderita asma antara lain adalah nyeri dada, batuk-batuk dan mengi.

Pemicu timbulnya penyakit asma antara lain adalah asap rokok, debu, zat kimia, bulu binatang, udara dingin, serbuk sari, makanan, tekanan jiwa, aktivitas fisik.

Pengobatan herbal untuk asma bisa dilakukan dirumah:

Minyak Mustar, ini adalah minyak dari bahan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan masakan di india. Ketika itu memang bermanfaat untuk rambut dan kulit, tapi ternyata juga bisa menjadi obat alternatif untuk serangan asma. Cara mudah untuk menggunakan minyak sawi adalah panaskan satu teko air hingga mendidih lalu tambahkan beberapa sendok makan biji sawi dan biji jintan. Hiruplah uap dari rebusan tersebut hingga masuk ke paru-paru dan akan meredakan serangan asma.

Jahe, biasa digunakan untuk bumbu masakan asia, eropa atau afrika. Akar jahe ini bisa memberikan pengaruh yang kuat untuk perawatan penyakit umum, namun penelitian menunjukkan bahwa jahe ini juga cukup efektif untuk pengobatan sakit asma. Anti-inflamasi dan analgesik inilah yang membuat jahe bisa menjadi obat rumah yang cukup ideal guna mengobati sakit asma. Cara mudah untuk mempersiapkannya adalah sebagai berikut, potong jahe menjadi beberapa potongan dan rendam kedalam air yang mendidih selama 5 menit.

jahe

Minyak kayu putih, ekstrak dari pohon eukaliptus ini sudah sering digunakan untuk orang yang sakit flu dan mampu menurunkan proses inflamasi asma. Minyak kayu putih ini harus diencerkan terlebih dahulu dengan air sebelum dikonsumsi. Melakukan tes dilengan sangat dianjurkan sebelum digunakan, agar diketahui apakah terjadi reaksi alergi atau tidak dalam jangka waktu 24 jam.

Bawang Putih, sangat dikenal dalam pengobatan tradisional dan dapat juga untuk mengobati penyakit asma. Bermanfaat mencairkan akumulasi lendir di paru-paru, agar bisa dikeluarkan dari tubuh. Dalam metode Ayurvedic menganjurkan untuk makan 3 siung bawang putih yang telah direbus dalam susu, sedangkan cara Barat menganjurkan untuk memakannya dengan campuran cuka sari apel dan madu sebelum sarapan pagi.

Madu, adalah cara paling umum untuk mengatasi penyakit asma karena madu mempunyai kemampuan untuk mengendurkan saluran udara dan memungkinkan seseorang dapat bernafas dengan baik. Madu juga dapat membantu untuk menghilangkan batuk yang ada hubungannya dengan asma pada anak dan remaja. 1 sendok teh madu dapat menyembuhkan radang dan batuk, juga bisa anda campurkan dengan teh sesuai selera. Apabila penderita asma ada alergi dengan madu, diharapkan untuk memilih cara pengobatan yang lain.

Jeruk Lemon, sudah digunakan selama ribuan tahun dikarenakan kualitas antioksidannya dan juga digunakan untuk mengobati gejala asma. Antioksidan dan Vitamin C yang terkandung didalam jeruk lemon sangat membantu dalam memerangi proses inflamasi dan alergi terhadap serbuk sari atau debu. Apabila sering meminum jus lemon akan bermanfaat untuk jangka panjang.

Check Also

Luar Biasa! Katarak Sembuh Tanpa Operasi Dengan Meneteskan Minyak Jarak (Castor Oil)

Katarak adalah kekeruhan dan kerusakan lensa mata akibat penebalan yang biasanya terjadi pada orang lanjut ...

...