Home / Artikel Kesehatan / Resep Ramuan Temu Hitam Yang Manjur Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Resep Ramuan Temu Hitam Yang Manjur Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Seorang Ibu akan dibuat kelimpungan jika mendapati anaknya tak mau makan. Berbagai cara akan dilakukan seorang ibu untuk membuat anak mau makan dengan lahap. Sebenarnya Ibu tak perlu panik bila melihat anak tak nafsu makan, mungkin beberapa hal sepele bisa menjadi penyebabnya, misalnya anak terlalu banyak makan snack manis, mulai ingin mencoba makanan bercitarasa kuat atau dia bosan. Tapi perlu diperhatikan juga bila penurunan selera makan berlangsung drastis dan diiringi gejala lainnya, maka bisa saja anak mengalami gangguan secara fisik maupun psikisnya.

Untuk informasi Anda, berikut kami rangkumkan beberapa penyebab menurunnya nafsu makan pada anak.

1. Anak Telah Kenyang Karena Camilan

Saat anak-anak sudah terbiasa untuk jajan, maka nafsu makan anak pada makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk akan menjadi menurun, karena perutnya telah terisi dengan jajan. Selain itu, camilan yang mereka makan biasanya rasanya manis, rasa manis membuat otak berpikir bahwa tubuh telah kenyang. Sebaiknya batasi konsumsi jajanan pada anak, selain kurang sehat ini merupakan pemborosan.

2. Anak mulai punya Rasa dan Selera sendiri

Anak-anak mulai mengeksplor pengalamannya pada makanan,baik dari segi citarasa dan penyajian makanan. Mungkin pernah kita ketahui beberapa anak memiliki kecenderungan lebih suka makanan asin dan pedas daripada makanan manis. Jika anda menyajikan makanan yang begitu-begitu saja maka anak akan turun nafsu makannya, karena itu perhatikan ragam menu yang Anda berikan pada anak-anak anda.

 

3. Terlalu banyak minum susu

Beberapa orangtua membiarkan anaknya minum susu berlebihan, padahal semakin besar anak maka makanan pokoknya bukanlah susu, melainkan makanan seperti orang dewasa yang terdiri dari pati, protein hewani/ nabati, sayuran, buah-buahan dsb. Anak yang terlalu banyak minum susu apalagi susu dengan rasa manis akan kurang nafsu makannya, karena merasa kenyang akibat terlalu banyak minum susu.

4. Sakit dan gangguan psikis

Anak-anak yang sedang sakit akan menurun nafsu makannya, periksa suhu badan anak, atau ada giginya yang sakit dan gejala-gejala fisik lainnya untuk memastikan anak anda sakit atau tidak. Selain itu gangguan psikis bisa jadi pencetus menurunnya nafsu makan, kesedihan dan kecemasan bisa jadi penyebabnya. Pindah sekolah atau memiliki lingkungan baru juga bisa menyebabkan anak depresi dan menurun nafsu makannya.

Itulah beberapa hal  penyebab menurunnya nafsu makan pada anak. Setelah mengetahui faktor-faktor diatas, diharapkan orangtua bisa lebih bijak mencari solusi untuk mengembalikan nafsu makan normal pada anak.

Berbeda dengan orangtua jaman sekarang yang akan buru-buru membeli vitamin penambah nafsu makan yang ada di pasaran, para orangtua jaman dahulu lebih suka menggunakan “jamu cekokan” alami yang dibuat sendiri untuk mengatasi nafsu makan anak yang menurun, berikut resepnya.

#Sediakan temu hitam (sebesar ibu jari tangan), cuci bersih, rajang tipis-tipis. Kemudian direbus dengan dua gelas air hingga tersisa 1 gelas. Untuk mengatasi rasa pahitnya tambahkan gula jawa atau gula pasir. Dinginkan rebusan temu ireng/ temu hitam tadi, saring, selanjutnya bagi untuk dua kali minum. Dimunum pada pagi dan sore hari, sebelum makan.

#Sediakan Temu hitam seukuran jempol, cuci bersih dan diparut. Ambil air perasannya untuk diminumkan ke anak atau sebagai ”jamu cekokan”. Tambahkan gula jawa atau madu, agar rasanya tidak terlalu pahit. Ramuan ini sebaiknya diberikan untuk anak di atas usia setahun, karena diusia tersebut kemampuan menelan dan mengunyahnya sudah baik

Semoga bermanfaat!

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...